Tribun Lifestyle

Ini Loh 6 Langkah Cerdas Menghemat Tagihan Listrik

Dengan kemajuan teknologi, penggunaan perangkat listrik dan elektronik pun meningkat pesat, membuat kita banyak menggunakan alat elektronik.

Editor: Content Writer
Ini Loh 6 Langkah Cerdas Menghemat Tagihan Listrik

Dengan kemajuan teknologi, penggunaan perangkat listrik dan elektronik pun meningkat pesat. Coba cek berapa banyak perangkat elektronik di rumah Anda? Lihatlah dan jangan heran bila Anda menemukan tagihan listrik yang melonjak tiap bulannya.

Apabila Anda tidak memperhatikan penggunaannya atau lalai untuk memeriksa berapa banyak alat-alat elektronik tersebut mengkonsumsi daya, sudah pasti tagihan besar akan “menyapa” Anda tiap bulannya.

Tentunya, tagihan listirk yang mengikat ini dapat merusak semuarencana anggaran dana Anda. Untuk menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran, Anda harus sangat berhati-hati dalam pemakaian perangkat listrik dan elektronik di rumah.

 Yang bertugas menghemat tagihan ini bukan Anda seorang. Setiap anggota keluarga dalam rumah memiliki peran. Minta anak-anak untuk selalu mematikan perangkat listik dan elektronik setelah digunakan. Dan tugas orang tua untuk melakukan perawatan serta servis secara berkala. Di sini, akan dibahas lebih lanjut mengenai enam cerdas menghemat tagihan listrik di rumah.

Perawatan air conditioner (AC)

Lakukan perawatan dan servis yang tepat untuk pendingin ruangan Anda, terutama sebelum digunakan pada musim kemarau. Pasalnya, Anda pasti akan selalu menyala AC kala musim kemarau tiba. Peralatan listrik yang rusak dan tua dapat mengonsumsi banyak energi.

Menyediakan ventilasi yang lebih baik

Jika Anda memberikan ventilasi tang tepat untuk ruangan rumah Anda, maka itu menjadi ide yang brilian untuk mengurangi penggunaan alata-alat elektronik seperti AC, kipas angin dan lampu. Kontrol ini sangat membantu untuk mengurangi tagihan listrik.

Hemat pemakaian mesin cuci

Apakah Anda menggunakan mesin cuci setiap hari? Jika ya, sekarang saatnya untuk mengubah kebiasaan tersebut. Hanya gunakan mesin cuci setelah Anda memiliki banyak baju yang harus dicuci. Jangan, baju kotor masih sedikit, Anda sudah menggunakan mesin cuci.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas