Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Batasan Penggunaan Gadget pada Anak Usia 1,5-5 Tahun

Tidak hanya remaja dan dewasa, banyak anak-anak yang kini juga gandrung menggunakan gadget.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
zoom-in Batasan Penggunaan Gadget pada Anak Usia 1,5-5 Tahun
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Orang Tua mendampingi anaknya bermain Gadget di Kawasan Senen, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018). Perlunya pengawasan orang tua saat bermain gadget agar si anak tidak membuka situs yang tidak semestinya. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Tidak hanya remaja dan dewasa, banyak anak-anak yang kini juga gandrung menggunakan gadget. Bahkan sudah mencapai taraf kecanduan gadget hingga sulit melepaskannya.

Untuk menghindari anak yang tidak bisa lepas dari gadget ada beberapa tips yang ditawarkan psikolog pendidikan dan pendiri Rumah Dandelion, Binky Paramitha.

Pertama jangan perkenalkan anak dengan gadget hingga ia berusia 1,5 tahun, sekedar video call boleh tapi setelah itu jangan ya mom.

“Sampai 1,5 tahun tidak diperkenalkan screen time kecuali video call kalau orang tuanya kerja jauh itu diperbolehkan,” tutur Binky saat ditemui di acara Early Learning Centre di Jakarta Selatan, Rabu (6/3/2019).

Baca: Bingung Alihkan Anak Dari Gadget? Berani Coba Cara Astrid Tiar?

Kemudian, pada anak yang berusia tiga sampai lima tahun, batasi anak hanya menggunakan gadget satu jam per hari dan harus dengan pendampingan.

“Di usia 3-5, tahun setiap satu hari tidak lebih dari satu jam, dan ketika memberikan pendampingan jadi harus didampingi,” ungkap Binky.

BERITA TERKAIT

Pendampingan yang dilakukan orang dewasa pada anak bertujuan untuk mengawasi apa yang dimainkan anak, orangtua pun disarankan mengajak anak bermain tujuannya agar anak tidak hanya fokus pada gadgetnya saja tetapi sekitarnya juga.

“Memberikan screen harus diawasi, harus diawasi dan berinteraksi,” papar Binky.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas