Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Wisata Olahraga

Pedoman Penting Bagi Kamu yang Ingin Mulai Berlari

Banyak hal yang harus disiapkan ketika akan memulai olaharaga lari, apalagi bagi mereka yang pemula dan belum pernah berlari marathon sebelumnya.

BizzInsight
Pedoman Penting Bagi Kamu yang Ingin Mulai Berlari
Mandiri Jogja Marathon
Ilustrasi pelari pemula pada event lari marathon. 

TRIBUNNEWS.COM – Event olaharaga marathon seperti Mandiri Jogja Marathon kini mulai banyak bermunculan di Indonesia. Kehadiran event tersebut tentu tak terlepas dari semakin luasnya minat masyarakat terhadap olahraga lari.

Bahkan saking populernya, banyak yang tadinya tak suka berlari mulai melirik olahraga satu ini sebagai pilihan mereka.

Alasannya beragam, mulai dari kecilnya biaya yang harus dikeluarkan, banyaknya event lari marathon yang digelar, dan anggapan olahraga satu sangat ini mudah.

Padahal kenyataannya untuk bisa berlari marathon banyak hal yang harus dilakukan, apalagi bagi mereka yang masih pemula.

Lantas apa saja yang harus dilakukan? Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

Cari Sepatu Lari yang Pas

Ini adalah perlengkapan yang harus dipersiapkan paling awal. Carilah sepatu lari nyaman yang mendukungmu ketika berlari. Untuk kriterianya sendiri setiap orang sangatlah berbeda, maka ada baiknya coba beberapa sepatu lari yang tepat sebelum membelinya.

Selain sepatu, agar tak kesulitan ketika menyimpan barang saat berlari, belilah tas pinggang lari yang tepat. Dengan begini kamu bisa berlari dengan nyaman dan tenang.

Makan Satu Jam atau Setengah Jam Sebelum Berlari

Banyak orang yang menganggap jika makan sebelum lari akan merepotkan. Namun hal tersebut sangat salah karena membuat larimu tak bertenaga.

Oleh sebab itulah, ada baiknya untuk makan satu jam atau setengah jam sebelum berlari. Makanan yang dikonsumsi janganlah yang berat-berat. Bisa berupa buah-buahan seperti pisang dan apel yang bisa menambah tenaga namun tak membuat kenyang.

Hal tersebut juga bisa membuatmu berlari lebih lama bila dibandingkan tak makan sebelumnya.

Buat Playlist Lagu yang Mengasyikan

Bagi pemula, berlari akan semakin mengasyikan jika diiringi playlist lagu lari yang memompa semangat. Jika malas menyusunnya, playlist berlari ini bisa ditemukan pada beragam aplikasi streaming musik seperti Joox atau Spotify.

Unduh Aplikasi Lari yang Bermanfaat

Banyak sekali aplikasi lari yang bisa diunggah agar kegiatan ini semakin mengasyikan dan bermanfaat. Mulai dari Runtastic Running untuk menghitung jarak lari, sampai aplikasi game Zombie, Run! yang membuatmu harus berlari untuk memainkannya.

Buat Rencana Lari

Sebelum berlari kamu bisa mulai dengan berjalan terlebih dahulu. Setelah itu kamu bisa berlari dengan ritme sedang. Jarak tempuh lari tak harus jauh, bisa dimulai dengan berlari sepanjang 3km terlebih dahulu di minggu pertama, kemudian bertambah menjadi 4km, kemudian 5km, dan akhirnya kamu bisa berlari sampai Full Marathon.

Intinya dalam berlari diperlukan waktu dan kesabaran yang lama agar kamu bisa meraih target yang diinginkan.

Penulis: Firda Fitri Yanda

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...

Berita Terkait :#Wisata Olahraga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas