Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Agar Tidak Body Shaming, Hindari Mengomentari Fisik Orang Lain di Awal Pertemuan

Body shaming atau perilaku mengkritik fisik orang lain tidak disadari sering kita lakukan ketika berjumpa dengan keluarga atau teman.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Agar Tidak Body Shaming, Hindari Mengomentari Fisik Orang Lain di Awal Pertemuan
Shutterstock
Ilustrasi bentuk tubuh. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Body shaming atau perilaku mengkritik fisik orang lain tidak disadari sering kita lakukan ketika berjumpa dengan keluarga atau teman.

Misalnya saat bertemu keluarga atau teman di acara arisan, usai menanyakan kabar biasanya diikuti dengan mengomentari fisik seperti mengenai bobot tubuh.

Sebagai psikolog Roslina Verauli, M.Psi menyebutkan topik mengenai fisik itu adalah topik yang sifatnya personal yang seharusnya tidak dibahas di depan umum.

Baca: Deddy Corbuzier Akan Dibimbing Gus Miftah Ucap Kalimat Syahadat, Ini Situasi Terkini Ponpes Ora Aji

Ilustrasi diet
Ilustrasi diet

Sayangnya orang Indonesia memiliki sikap yang merasa dirinya akrab dengan orang lain sehingga mengomentari soal tubuh dianggap tdiak masalah jika diucapkan di depan orang banyak.

“Orang Indonesia budaya kolektifnya suka merasa akrab padahal gak terlalu kenal, dan soal tubuh itu kan personal banget,” kata Vera saat ditemui di konferensi pers Film ‘Imperfect’ di Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019).

Baca: Cerita Jessica Mila, Sempat Tidak Percaya Diri, Kurang Ramah dengan Orang Lain Akibat Body Shaming

Untuk menghindari body shaming cobalah menghindari bahasan pembicaraan mengenai tubuh misalnya membicarkan mengenai suasana ketika bertemu atau baju yang digunakan.

BERITA TERKAIT

“Coba improve obrolan pertama kita saat bertemu orang lain, gampang misalnya baju beli dimana, atau bahas apa yang lagi ada di sekitar kita,” ungkap Vera.

Baca: Personil Sabyan Gambus Tegaskan Tebe dan Anis Bukan Hengkang Karena Konflik

Hindarilah mengomentari fisik seseorang karena bisa membuat mereka yang dikomentai tubuhnya tidak menerima diri sendiri yang jika tidak mampu menangani tekanan bisa melakukan perbuatan yang menyakiti diri sendiri.

Baca: Jokowi Genap Berusia 58 Tahun, Selalu Lewatkan Hari Lahir dengan Kerja, Simak Perjalanan Hidupnya

“Intinya ketika seseorang dikatain tentang tubuh dan terganggu itu body shaming dan paling buruknya adalah orang gak mampu terima gak nerima dirinya sendiri bisa bunuh diri,” pungkas Vera.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas