Tribun Lifestyle

Cara Aman dan Nyaman Nonton Konser Musik Favorit Kekinian

Saat ini sudah banyak sekali konser musik yang turut menyediakan asuransi karena promotor menyadari pentingnya kepemilikan proteksi diri penontonnya

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Cara Aman dan Nyaman Nonton Konser Musik Favorit Kekinian
ISTIMEWA
Ilustrasi konser musik 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebuah riset behavioral science (ilmu perilaku) menyimpulkan bahwa pengalaman menikmati konser musik dapat memperpanjang umur.

Riset yang dilakukan oleh O2, perusahaan musik hiburan di Inggris, bersama Patrick Fagan, seorang dosen Ilmu Perilaku dari Goldsmith University, berkesimpulan bahwa mendatangi konser, walaupun hanya dalam durasi 20 menit dapat meningkatkan perasaan bahagia dan bugar sebanyak 21%. Lalu, perasaan bahagia dan bugar tersebut dapat menambah umur hidup sepanjang 9 tahun.

Konser musik, apapun genre-nya, bagaimanapun kemasannya, siapapun artisnya, dimanapun lokasi acaranya, pada umumnya dimaksudkan untuk menghibur pengunjung dan penikmat musik jajaran artis yang dijanjikan oleh promoter untuk tampil.

Sebagai seorang pecinta musik akut yang juga berkarir di salah satu kantor media penyiaran terkemuka di Indonesia sebagai Social Media Content Strategist, Budhi Samsudin, sudah menikmati konser musik baik di dalam negara maupun di luar negeri selama 11 tahun terakhir ini.

“Kalau ditanya kenapa sampai seniat itu mengejar konser sampai ke luar negeri, sebetulnya agak sulit untuk diungkapkan. Satu yang pasti, jawabannya adalah kepuasan batin. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya melihat musisi idola tampil langsung, membawakan lagu-lagu favorit yang selama ini hanya bisa didengarkan di radio, CD, atau platform musik digital,” ungkap Budhi.

“Senang, bahagia, merinding dan haru adalah perasaan yang dirasakan ketika menonton konser Coldplay di Bangkok. Bukan karena saya penggemar garis keras, melainkan karena saking bagusnya konser mereka dari awal sampai akhir,”

Baca: Pentas Musik Jazz di Atas Bus akan Tampil di 17 Kota

“Selain tentunya kenyamanan dalam berpakaian sesuai musim dan lokasi konser musik, aspek yang lebih penting adalah kewajiban untuk memastikan keselamatan dan kesehatan diri ketika menikmati suguhan penampilan langsung dari idola. Luangkan waktu sejenak saat akan pergi ke lokasi acara konser untuk mengetahui akses keluar masuk penonton, supaya ketika dalam keadaan darurat atau mendesak, kita sudah tahu jalan mana yang harus kita ambil,” ujar Budhi.

Hal paling penting yang juga harus diperhatikan ketika akan menonton konser adalah kondisi badan pengunjung konser pastinya harus bugar.

Kejadian tidak mengenakan pernah dialami oleh teman Budhi, yang tiba-tiba jatuh pingsan karena berdesakan saat sedang menonton konser musik idolanya. Pencarian bantuan tim medis di lapangan tidak mudah bila dalam kondisi yang panik, serta biasanya bantuan pertolongan pertama yang diberikan pun minim. Sehingga, teman Budhi akhirnya dilarikan ke rumah sakit terdekat. 

Permasalahan belum berakhir, karena setelah sakit mereda saat dirawat di rumah sakit, teman Budhi masih harus mengurus administrasi rumah sakit yang mahal dan memakan waktu.

Akhirnya, teman Budhi pun gagal menonton idola musiknya. Ini semua karena tidak siap dengan asuransi proteksi diri dan tim medis di lapangan yang kurang sigap saat konser berlangsung. 

Mengingat hal tersebut dan kejadian-kejadian lain yang tidak kita inginkan terjadi pada saat menonton konser, sudah saatnya sadar  akan pentingnya memilki asuransi Personal Accident dan menjadi hal yang lumrah untuk masuk dalam check list bagi penikmat konser sejati.

“Sebelum saya pergi berkonser, saya akan memastikan bahwa konser tersebut berafiliasi dengan sebuah perusahaan asuransi jiwa untuk menyediakan produk asuransi kecelakaan diri," kata Budhi.

Baca: 8 Kuliner Dekat Kampus Brawijaya Malang yang Bisa Dicoba Mahasiswa Baru

Untungnya, saat ini sudah banyak sekali konser musik yang turut menyediakan asuransi karena promotor menyadari pentingnya kepemilikan proteksi diri ketika sembari menikmati musik secara langsung.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas