Tribun Lifestyle

Suami Martha Tilaar Meninggal, Ingin Dikenang sebagai Pelayan Pendidikan

Profesor Henry Alexis Rudolf Tilaar atau yang akrab dipanggil HAR Tilaar, sosok pendidikan yang juga suami pemilik brand makeup Martha Tilaar meningga

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
Suami Martha Tilaar Meninggal, Ingin Dikenang sebagai Pelayan Pendidikan
Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy
Martha Tilaar di rumah duka Sentosa RSPAD, Jakarta Pusat, lokasi jenazah suaminya Henry Alexis Rudolf Tilaar disemayamnkan, Rabu (20/10/2019). 

 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Profesor Henry Alexis Rudolf Tilaar atau yang akrab dipanggil HAR Tilaar, sosok pendidikan yang juga suami dari pemilik brand makeup Martha Tilaar tutup usia.

HAR Tilaar meninggal Rabu (30/10/2019) pagi setelah menjalani perawatan di RSPAD selama tiga minggu akibat penyakit komplikasi yang dideritanya.

Saat ini jenazah guru besar pada program Pascarsarjana dan Ditektur Utama Lembaga Manajemen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu disemayamkan di Rumah Duka Sentosa di RSPAD, Jakarta Pusat.

Ditemui di rumah duka, Kilala Tilaar putra dari HAR Tilaar menyebutkan sang ayah ingin dikenang sebagai sosok pelayan pendidikan.

Bahkan dedikasinya kepada pendidikan ditunjukan dengan tetap menulis buku walaupun dalam keadaan sakit.

Kilala Tilaar , anak dari almarhum Henry Alexis Rudolf Tilaar dan Martha Tilaar di rumah duka Sentosa RSPAD, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2019).
Kilala Tilaar , anak dari almarhum Henry Alexis Rudolf Tilaar dan Martha Tilaar di rumah duka Sentosa RSPAD, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2019). (Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy)

Hingga menghembuskan nafas terakhirnya HAR Tilaar telah menulis 30 buku diantaranya Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Standarisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis, maupun Manifesto Pendidikan Nasional: Tinjauan dari Perspektif Postmodernisme dan Studi Kultural.

“Kalau papa sih bilang kepingin jadi pelayan pendidikan katanya, karena memang kan passion-nya di pendidikan. Masih nulis buku terakhir tahun lalu, karya-karya beliau banyak untuk pendidikan,” kata Kilala di RSPAD, di Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019).

Kalau kata putranya buku-buku karya HAR Tilaar bahkan bisa serdiri sendiri karena saking tebalnya saking sang ayah sangat hobi menulis soal pendidikan.

“Bukunya bisa berdiri sendiri, tebal. Kayaknya udah penuh semua sama mimpi-mimpi dia,” ungkap Kilala.

Profesor Henry Alexis Rudolf Tilaar atau yang akrab dipanggil HAR Tilaar, sosok pendidikan yang juga suami dari pemilik brand makeup Martha Tilaar tutup usia.
Profesor Henry Alexis Rudolf Tilaar atau yang akrab dipanggil HAR Tilaar, sosok pendidikan yang juga suami dari pemilik brand makeup Martha Tilaar tutup usia. (Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy)

Bagi anak-anaknya, HAR Tilaar punya cara unik untuk dalam mendidik yakni selalu memancing empat anaknya untuk mengembangkan pola pikir.

“Dengan gaya yang santai dia nggak pernah marah pokoknya mendidik kita untuk berpikir terus. Memancing kita untuk berpikir,” ucap Kilala.

Dari pantauan Tribunnews.com, Martha Tilaar, sang istri yang selalu mendapatkan dukungan besar dari sang suami dalam mengembangkan brand Martha Tilaar pun terlihat selalu duduk di dekat peti mendampingi jenazah sang suami disertai dengan anak-anak dan keluarga.

Rencananya acara penutupan peti akan dilakukan Jumat (1/10/2019) dan jenazah HAR Tilaar akan dimakamkan di San Diego Hills Sabtu (2/10/2019) mendatang.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas