Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Pelajari Hal ini Agar Investasi Bisa Untung Berlipat

Nah berikut hal dasar yang perlu dipahami dalam melakukan investasi agar untung berlipat:

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pelajari Hal ini Agar Investasi Bisa Untung Berlipat
WHAT MORTGAGE
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM - Kata investasi kini sudah tidak asing lagi ditelinga kita, bahkan saat ini investasi sudah beralih menjadi tren gaya hidup.

Sebagian orang juga sudah mulai sadar dan memikirkan cara untuk mengelola keuangan secara baik dan benar. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan melakukan investasi.

Namun, pada dasarnya, sebagian orang memutuskan untuk mulai berinvestasi karena ingin mengembangkan aset yang dimiliki. Juga, mendapatkan kebebasan finansial di masa mendatang.

Di zaman dengan perkembangan teknologi dan internet yang canggih ini, muncul beragam jenis investasi mulai dari investasi konvensional hingga investasi online.

Sayangnya hampir sebagian besar orang tidak memahami dasar-dasar dalam melakukan investasi apalagi sampai mendapatkan untung berlipat.

Nah berikut hal dasar yang perlu dipahami dalam melakukan investasi agar untung berlipat:

Lakukan Sedikit Demi Sedikit dan Gunakan Uang Sendiri

BERITA TERKAIT

Peribahasa sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit adalah analogi yang tepat dalam berinvestasi, apalagi kalau masih pemula atau belum mengetahui pola yang terjadi. Kebanyakan orang mengalokasikan dana yang besar bahkan sampai menggunakan dana orang lain untuk berinvestasi.

Pasalnya, meminjam dana orang lain akan mengurangi keuntungan yang didapat. Juga jika investasi tidak berjalan sesuai harapan dapat berdampak pada menumpuknya hutang yang nantinya membebani keuangan.

Lakukan Diversifikasi

Salah satu hal penting yang dilakukan dalam berinvestasi adalah melakukan diversifikasi. Jangan pernah berinvestasi di satu produk investasi saja tapi harus menyebarnya ke berbagai instrumen investasi.

Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi risiko, yang mungkin terjadi sehingga tidak perlu khawatir kehilangan semua dana yang diinvestasikan.

Memahami Risiko

Semua jenis investasi memiliki risikonya masing-masing, mulai dari investasi yang memiliki risiko rendah sampai investasi dengan risiko yang sangat tinggi.

Untuk itu pahami risiko setiap instrumen investasi dan berinvestasilah sesuai tingkat risiko yang siap diterima.

Salah satu risiko investasi yang terbilang rendah dan memiliki untung berlipat adalah peer to peer (P2P) Lending, alternatif investasi masa kini yang memberikan akses permodalan bagi pelaku usaha mikro khusus kepada perempuan di pedesaan.

Amartha merupakan salah satu investasi yang baik karena memberikan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata bagi Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas