Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Anti Bau Apek

Mulai Jenuh di Rumah Aja, Yuk Libatkan Anak Jaga Kebersihan Rumah!

erlakunya physical distancing selama pandemi ini, tentu membuat Anda dan keluarga memiliki waktu lebih banyak untuk berkumpul bersama.

BizzInsight
Mulai Jenuh di Rumah Aja, Yuk Libatkan Anak Jaga Kebersihan Rumah!
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM - Berlakunya physical distancing selama pandemi ini, tentu membuat Anda dan keluarga memiliki waktu lebih banyak untuk berkumpul bersama.

Meskipun anak memiliki waktu lebih banyak dengan orang tua, rasa jenuh karena tidak bisa bermain bersama teman-teman di luar rumah pasti akan muncul. Untuk mengatasi hal itu dan tetap produktif, enggak ada salahnya kok kalau Anda mulai mengajarkan kepada anak berbagai macam hal positif, misalnya menjaga kesehatan. 

Bukan cuma itu, menurut penelitian Harvard Grant Study, melibatkan anak-anak melakukan pekerjaan rumah tangga atau beres-beres rumah sejak kecil, meningkatkan peluang mereka untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang lebih sukses.

Mereka telah terlatih menjadi atasan atau pimpinan yang baik di tempat kerja.

Bagi Anda orangtua pemula, berikut 5 langkah sederhana yang bisa Anda ajarkan agar sang buah hati mengerti akan tanggung jawabnya dalam menjaga kebersihan di rumah.

Biasakan membersihkan tempat tidur

Ketika memutuskan untuk memberikan kamar tidur kepada anak, Anda perlu mengajarkan arti pentingnya membersihkan tempat tidur. Sebab jika Anda mengabaikan kebersihan kamar, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan, seperti menjadi sarang bagi hewan yang hidup di tempat kotor, tidur tidak nyenyak, gangguan pernafasan, dan lainnya. 

Agar si kecil mengerti pentingnya kebersihan kamar tidur, Anda perlu memberikan teladan. Berawal dengan membersihkan kamar tidur Anda sendiri. Barulah ajarkan caranya melipat selimut, menata bantal guling, menyapu, dan merapikan sprei.

Ajarkan cara asyik cuci tangan

Mengajarkan anak mencuci tangan butuh pendekatan yang asyik. Sebab, jika tidak rutin diingatkan, anak mudah lupa dan malah menjadi kebiasaan.        

Agar anak terbiasa mencuci tangan, ada berbagai macam cara yang bisa Anda bisa lakukan, misalnya sambil berjoget atau berperan menjadi tokoh kartun kegemaran si kecil. Yang tidak kalah penting, Anda harus menggunakan bahasa anak yang sederhana dan mudah dipahami.

Ilustrasi orang tua dan anak cuci tangan. (Shutterstock)
Ilustrasi orang tua dan anak cuci tangan. (Shutterstock)

Selain itu, Anda juga perlu mencontohkan cara mencuci tangan yang baik dan benar, seperti menggunakan sabun, air mengalir, dan dilakukan selama 20 detik. Mudahnya, cuci tangan bisa sambil menyanyikan lagu Happy Birthday to You sebanyak 2 kali.

Mencuci piring

Selain mencuci tangan, Anda juga perlu mengingatkan buah hati untuk langsung mencuci piring yang telah ia gunakan. Hal ini penting agar ia mandiri dan tanggung jawab.

Beri pemahaman tentang bahaya bakteri dan virus

Guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan, Anda juga perlu memberikan pengertian tentang bahaya bakteri dan virus kepada buah hati.

Kini sudah banyak tersedia dongeng-dongeng yang menggambarkan tentang bahaya kuman. Anda bisa melihatnya langsung di YouTube atau situs khusus dongeng anak.  

Bersihkan perabot kain dengan Stella Fabric Spray

Semakin seringnya melakukan aktivitas di rumah membuat perabot berbahan kain seperti sofa dan karpet jadi rentan menempel kuman, sehingga berbau apek. Aktivitas anak pun jadi tidak nyaman dan rawan terkena penyakit.

Bau tersebut kerap ditemukan di berbagai tempat, seperti sprei tempat tidur, sepatu, dan sofa khususnya. Perlu diketahui, penyebab bau apek pada permukaan kain disebabkan oleh kuman. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengajarkan si kecil untuk menyemprotkan Stella Fabric Spray pada sofa. Tentunya dibawah pengawasan Anda, ya Moms. 

Stella Fabric Spray dapat membunuh 99,9% kuman penyebab bau pada semprotan pertama. Kandungan Benzalkonium Chloride-nya juga sudah tervalidasi oleh National Environment Agency (NEA) Singapura dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai produk disinfektan pembasmi kuman dan virus. Selain itu, spray penghilang bau apek ini berbahan dasar air dan tidak menimbulkan noda pada benda, serta memiliki wangi yang tahan lama.

Tidak hanya pada sofa, pengharum ini cocok digunakan pada karpet, tirai atau gorden, sepatu kain, tas kain, jok mobil, pakaian, topi, helm, dan benda-benda yang berbahan kain lainnya. Dapatkan Stella Fabric Spray di Godrej Official Store, klik di sini.

Si kecil makin pintar, rumah pun segar selalu!

Penulis: Dea Duta Aulia/ Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas