Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Inilah Pilihan Nutrisi untuk Anak yang Alergi Susu Sapi

Walaupun alergi susu sapi orang tua jangan takut anak akan kekurangan protein, karena pada anak usia satu sampai dua tahun masih bisa mengonsumsi ASI

Inilah Pilihan Nutrisi untuk Anak yang Alergi Susu Sapi
healthychild.com
Ilustrasi - Jika anak sudah terdeteksi alergi susu sapi berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, orangtua harus sangat diperhatikan pilihan asupan yang akan dikonsumsi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jika anak sudah terdeteksi alergi susu sapi berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, orangtua harus sangat diperhatikan pilihan asupan yang akan dikonsumsi.

Konsultan Alergi dan Imunologi Anak Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(k), M.Kes menyebutkan pertama jangan memberikan anak makanan atau minuman apapun yang mengandung susu sapi.

"Hindari produk susu sapi dan turunannya atau olahan makanan atau minuman yang mengandung susu sapi," kata Prof. Budhi saat webinar Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju, Senin (29/6/2020).

Walaupun alergi susu sapi orang tua jangan takut anak akan kekurangan protein, karena pada anak usia satu sampai dua tahun masih bisa mengonsumsi Air Susu Ibu (ASI) yang kandungan nutrisinya lebih banyak dari susu sapi.

Prof. Budhi menjelaskan ASI bahkan mengandung zat yang bisa membuat tubuh anak menoleransi alergi susu sapi yang menimbulkan gejala berat.

Baca: Inspirasi Menu Puding Soya Buah Naga untuk Anak Alergi Susu Sapi Kreasi Natasha Rizky

"Masih ada pilihan utamanya yaitu ASI yang menunjang daya tahan tubuh dan di dalam asi dapat merangsang toleransi tubuh anak, jadi anak tidak cepat alergi terhadap susu sapi," ungkap Prof. Budhi.

Baca: Tiga Hal yang Perlu Diperhatikan Bunda untuk Makanan Pendamping ASI

Perlu diingat juga bagi ibu yang memberikan ASI pada anak yang alergi susu sapi jangan mengonsumsi produk olahan susu sapi juga karena bisa diserap dalam ASI yang bisa menimbulkan kekambuhan pada anak.

Baca: Cek Fakta, Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan, Minum Kopi dan Ikan Kalengan?

Kemudian apabila karena kondisi tertentu seperti masalah kesehatan atau produksi ASI ibu sedikit bisa ganti ASI dengan memberikan susu formula asam amino kalau alergi susunya dalam tahapan berat.

Jika mengalami alergi susu yang tahapanya ringan bisa diberikan susu formula soya yang juga punya kandungan protein hidrolisat seperti pada susu sapi.

Baca: Serai Bukan Sekadar Bumbu Masak, Ini Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya Buat Kesehatan

"Jadi kalau gejala alergi susu sapinya berat maka diberikan formula asam amino, untuk yang alerginya ringan hingga sedang formula protein terhidrolasi extensif, kalau terhambat masalah dana untuk beli bisa diganti dengan formula soya," pungkas Prof. Budi.

Sementara itu alergi susu pada anak bisa menimbulkan sejumlah gejala seperti diare, mules, kulit gatal dan kemerahan, hingga gangguan saluran pernapasan seperti asma.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas