Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Manfaat Kesehatan Kimchi Menurut Dokter Spesialis Gizi

Kimchi, makanan tradisional Korea Selatan, populer seiring kegandrungan orang terhadap drama dan musik Korea di berbagai negara.

Manfaat Kesehatan Kimchi Menurut Dokter Spesialis Gizi
lifeinkorea.com
Kimchi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kimchi, makanan tradisional Korea Selatan, populer seiring kegandrungan orang terhadap drama dan musik Korea di berbagai negara.

Lepas dari itu, sayuran yang difermentasi dan diberi bumbu pedas ini ternyata punya manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dokter Spesialis Gizi Klinis dr. Imelda Goretti, Sp.GK menjelaskan makanan yang difermentasi seperti kimchi memiliki kandungan bakteri baik atau prebiotik.

Baca: Digemari dan Jadi Favorit, Kimchi Dinilai Mampu Tingkatkan Imun untuk Cegah Covid-19, Benarkah?

Bakteri baik sangat dibutuhkan tubuh memperlancar proses pencernaan di dalam tubuh. Pencernaan yang baik dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Kimchi
Kimchi (platingsandpairings.com)

"Kimchi kan fermentasi, dia sebenarnya ada bakteri baik di dalamnya ada serat juga dari sayurannya yang baik untuk pencernaan," ungkap dr. Imelda saat live bersama RS Eka Hospital.

Walaupun banyak manfaat baiknya, dr. Eka mengingatkan jangan berlebihan mengonsumsi kimchi karena ada kandungan garam dan bahan lainnya yang berbahaya kalau dimakan kebanyakan.

"Memang baik dikonsumsi tapi tidak berlebihan, karena ada penggunaan garam dan bahan lainnya saat pembuatanya. Yang malah bahaya untuk tubuh," kata dr. Imelda.

Selain kimchi, makanan khas Indonesia tempe yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasi juga megandung probiotik.

Makanan lainnya yang megandung probitoik diantaranya yogurt, acar, miso soup, asinan, kefir, dan kombucha atau teh jamur.

Ikuti kami di
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas