Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Cara Mengolah Jeroan Daging Kurban, Supaya Tidak Bau Saat Dimasak

Jeroan daging kurban, baik itu kambing maupun daging sapi asal dibersihkan secara benar bisa jadi kudapan yang memikat selera.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Cara Mengolah Jeroan Daging Kurban, Supaya Tidak Bau Saat Dimasak
Sajian Sedap
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Jeroan daging kurban, baik itu kambing maupun daging sapi asal dibersihkan secara benar bisa jadi kudapan yang memikat selera.

Chef Stefu Santoso, Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group menjelaskan supaya tidak bau daging jeroan harus dicuci bersih, sampai ke kotoran yang ada di dalam usus.

Kalau sudah dicuci bersih rebus jeroan dengan campuran rempah seperti jahe, cengkeh, untuk menghilangkan baunya sekaligus untuk membuat daging lembek.

"Sebenarnya yang terbaik jeroan harus dicuci bersih, rebus sebentar dengan mempergunakan rempah. Bisa jahe bisa cengkeh kemudian dibuang airnya," ungkap Chef Stefu saat kulwap bersama media beberapa waktu lalu.

Kemudian proses rebusan ini bisa diulang dua sampai tiga kali dengan mengganti air supaya bau khas kambing bisa menghikang.

"Bisa 2-3 kali. Airnya dibuang untuk menghilangkan kotoran yang ada kemudian direbus hingga matang dengan garam dan rempah lagi," ucap Chef Stefu.

BERITA TERKAIT

Chef Setu juga menyarankan agar memasak jeroan dengan pilihan menu yang berkuah dan banyak bumbu-bumbu rempah untuk menghilangkan bau kambing.

Selain menghilangkan bau, makanan berkuah dengan banyak bumbu juga dapat membuat daging kambing kurban jadi lebih empuk saat dikonsumsi.

"Dengan wet cooking, seperti gulai, sop, tongseng, tengkleng dan segala macam. Dengan cara dibuat wet cooking akan membuat daging menjadi lebih empuk," pungkas Chef Stefu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas