Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Cara Mengatasi Stres Pada Anak di Masa Pandemi Covid-19

Biasanya anak berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah. Karena pandemi covid-19, kini mereka hanya belajar di rumah dan dibatasi layar monitor.

Cara Mengatasi Stres Pada Anak di Masa Pandemi Covid-19
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Siswa belajar dari rumah didampingi orangtua, Selasa (31/3/2020). Pemprov DKI Jakarta memperpanjang masa belajar di rumah selama wabah Covid-19 hingga 19 April 2020 mendatang. Mulanya masa kegiatan belajar di rumah bagi siswa-siswi diberlakukan selama dua pekan, terhitung sejak 16 Maret sampai 29 Maret 2020. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi covid-19 mengubah banyak sendi kehidupan. Bahkan anak-anak kini harus sekolah dari rumah secara online.

Biasanya mereka berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah, kini mereka hanya dibatasi layar monitor.

Tak menutup kemungkinan kondisi itu membuat anak stres.

Adapun tanda-tanda anak stres terlihat dari sikapnya yang mudah marah, jadi lemas, susah tidur, malas makan, dan muncul penyakit tiba-tiba dan tidak bergejala.

Baca: KPAI Minta Pemerintah Lakukan Pemerataan Kualitas Sekolah untuk Sistem Zonasi

Supaya bisa membuat keadaan di rumah menyenangkan, pemerhati kesehatan jiwa anak dari UNICEF Ali Aulia Ramly orangtua harus membuat jadwal kegiatan anak.

Jangan sampai karena di rumah saja anak-anak tidur, belajar, atau makan tidak sesuai waktunya, yang ternyata bisa membuat anak stres.

"Di rumah jadwalnya tetap terstruktur waktu-waktunya seperti saat sekolah biasa, enggak ngerjain tugas pas sudah malam, harus terstruktur," ungkap Ali saat webinar bersama Kemenkes, Rabu (5/8/2020).

Kemudian dorong anak agar tetap mampu mengelola stres misalnya tahu cara mengambil napas saat emosinya meningkat.

Lalu pilih kegiatan yang disuka anak dan bisa dilakukan di rumah saja sekaligus juga untuk menyalurkan hobinya.

Terakhir, berikan anak-anak kesempatan ngobrol dengan teman-temannya melalui sambungan telepon atau pun surat-suratan supaya mood anak tetap bagus selama di rumah saja.

"Ajak anak berbicara dan berkomunikasi dengan teman walau terbatas, tidak berkumlul bersama tapi bisa tetap lewat telepon, bisa juga tulis surat lalu kirim lewat ojek online," kata Ali.

Ikuti kami di
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas