Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

10 Tanda Penurunan Hormon Seksual Pada Pria

Masalah kesehatan seksual pada pria sangat dipengaruhi oleh kadar hormon testosteron atau hormon

10 Tanda Penurunan Hormon Seksual Pada Pria
dailymail.co.uk
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Masalah kesehatan seksual pada pria sangat dipengaruhi oleh kadar hormon testosteron atau hormon laki-laki pada tubuh.

Kalau kadar testosteron menurun maka imunitas tubuh pria akan berkurang dan risikonya akan muncul masalah terkait Mr P dan urusan performa seksual pun menurun.

Medical Sexologies dr. Binsar Martin Sinaga FIAS memyebutkan ada 10 gejala yang menjadi tanda penurunan hormon testosteron pada pria.

Pertama adalah menurunnya libido atau gairah seksual, lalu tubuh terasa mudah capek, merasa lelah seperti kekurangan tenaga padahal asupan yang dikonsumsi bernutrisi.

Baca: Wawancara Eksklusif dengan Roro Fitria dan Koleksi Mobil Mewahnya, Mengemudi Bikin Libido Naik

Lalu tanda berikutnya adalah pria merasa tubuhnyaa jadi lebih pendek padahal tinggi badan tidak berkurang dan kelima emosi yang meletup-letup.

"Emosinya gak stabil, jadi cepat marah, merasa tidak bisa menikmati hidup, cemas terus itu bisa jadi penurunan hormon testosteron," ungkap dr. Binsar di acara live talkshow Edukasi Kesehatan Seksual bersama Tribunnews.com, Kamis (6/8/2020).

Tanda ketujuh adalah ereksi yang drop, penurunan kemampuan berolahraha, hingga bsia berakibat pada menurunkan prestasi kerja.

Baca: Dilema Remaja Punya Ovarium Sekaligus Testis, Dandan Perempuan Tapi Berjenggot, Libido Bergejolak

"Jadi banyak pria di atas usia pertengahan udah kalah kecepat susah berpikir, susah konsentrasi karena penurunan hormon testosteron pada pria," kata dr. Binsar

Tanda terakhir adalah mudah megantuk apalagi sehabis makan malam, baru merebahakn tubuh sebentar karena kekenyangan langsung ngantuk dan tertidur.

"Kalau habis makan malam nonton tipi sebentar sudah ngorok itu hati-hati," ucap dr. Binsar.

Baca: Girls, Simak 3 Pertanda Baik Wanita Punya Bulu Lebat, Bukan Tanda Punya Nafsu Libido Tinggi Lo

Masalah hormon ini bisa terjadi karena faktor usia dan bisa juga disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dan cara penyembuhannya adalah dengan suntikan hormon untuk mengembalikan kadar hormon sehingga bisa kembali bergairah.

"Tidak bisa dengan makanan tertentu, obat kuat, masalah hormon harus diobati. Ada obat yang akan kita berikan tapi memang butuh proses ada jeda waktu pemberiannya juga," pungkas dr. Binsar.

Ikuti kami di
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas