Tribun Lifestyle

Bukan Dicuci dengan Air Mengalir, Begini Cara Tepat Bersihkan Telur Segar

Bagaimana cara tepat membersihkan telur yang kotor karena debu dan bekas feses? Simak caranya.

Editor: Anita K Wardhani
Bukan Dicuci dengan Air Mengalir, Begini Cara Tepat Bersihkan Telur Segar
Tribunnews/JEPRIMA
Pedagang telur saat merapikan dagangannya di kios Kebayoran lama, Jakarta Selatan, Sabtu (2/5/2020). Selama musim pandemi virus covid 19 membuat harga telur terus mengalami penurunan yang biasanya di jual Rp 26 ribu per kg turun menjadi Rp 23 ribu per kg. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM - Bagaimana cara tepat membersihkan telur yang kotor karena debu dan bekas feses? Simak caranya.

Cara tepat membersihkan telur segar adalah dry washing alias dilap menggunakan kain sampai bersih, bukan langsung dicuci dengan air dingin mengalir.

Mencuci telur segar dengan air dingin baik mengalir maupun direndam dapat membuat bakteri terperangkap di pori-pori cangkang telur.

Lantas bagaimana cara tepat membersihkan telur dari debu dan sisa feses?

1. Bersihkan dengan kain permukaan kasar atau sponge cuci piring
Teknik dry washing untuk membersihkan telur dilakukan menggunakan kain yang permukaannya kasar atau sponge cuci piring. Pastikan keduanya dalam keadaan kering.

Pada metode ini, tak perlu menggunakan air maupun hand sanitizer. Cukup usapkan ke cangkang telur, sampai sisa kotoran atau feses tak lagi menempel.

Mencuci telur dengan air dapat menyebabkan lapisan pelindung cangkang atau bloom hilang dan mampu memunculkan bakteri, seperti dikutip dari The Spruce.

Menurut Reader's Digest, telur mentah dalam kemasan terutama di Amerika biasanya sudah melalui proses pembersihan. Proses ini menghilangkan lapisan pelindung alami cangkang telur.

Setelah itu, minyak mineral nabati dioleskan ke permukaan telur yang berfungsi untuk mencegah bakteri masuk ke dalam telur. Jadi telur kemasan jenis ini tak perlu dicuci lagi.

2. Pakai air hangat
Kalau tidak biasa membersihkan telur hanya dengan dilap, bisa pakai air hangat bukan air dingin.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas