Tribun Lifestyle

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak di Masa Pandemi

Daya tahan tubuh si kecil jadi kunci agar tetap sehat di masa pandemi ini. Oleh karena itu, orangtua wajib memperhatikan nutrisi mereka.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak di Masa Pandemi
Shutterstock
Ilustrasi anak makan buah. 

Laporan wartawan Wartakotalive.com, Lilis Setyaningsih

TRIBUNNEWS.COM - Daya tahan tubuh si kecil jadi kunci agar tetap sehat di masa pandemi ini. Oleh karena itu, orangtua wajib memperhatikan nutrisi mereka.

Dokter spesialis anak di RS Pondok Indah, Dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A, mengatakan cara meningkatkan daya tahan tubuh anak secara alami, yakni dengan memberikan air susu ibu (ASI) sejak lahir hingga berusia 2 tahun atau lebih.

Selain itu rajin mencuci tangan dengan benar untuk mencegah penularan penyakit, lengkapi imunisasi anak sesuai jadwal yang dianjurkan, tidur cukup setiap harinya, serta mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang.

Baca juga: Anak Alami Batuk Pilek di Masa Pandemi, Orangtua Jangan Panik, Ini yang Harus Anda Lakukan!

Apabila diperlukan, bawalah si kecil berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk memastikan asupan vitaminnya sudah terpenuhi.

Secara umum, multivitamin dan mineral atau suplemen peningkat daya tahan tubuh tidak dibutuhkan pada anak yang tumbuh secara normal dan mau mengonsumsi makanan yang bervariasi.

Sumber alami terbaik dari berbagai nutrien adalah makanan yang anak konsumsi sendiri.

Baca juga: Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Lengkap dengan Nilai Gizi, Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung

Pada umumnya makanan anak yang bervariasi termasuk kudapannya sudah dapat memenuhi kebutuhan harian anak, termasuk saat anak mengonsumsi berbagai makanan yang terfortifikasi seperti sereal, susu, dan jus.

"Hati-hati, pemberian vitamin yang berlebihan juga berpotensi menimbulkan toksisitas," kata dr Cynthia.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas