Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Mendengarkan Dongeng Bisa Latih Imajinasi dan Kreativitas Anak

Masa pandemi, saat waktu pertemuan antara anak dan orangtua yang lebih banyak sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mempererat hubungan.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Mendengarkan Dongeng Bisa Latih Imajinasi dan Kreativitas Anak
groupon/Tribunkaltim
Ilustrasi Mendongeng. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masa pandemi, saat waktu pertemuan antara anak dan orangtua yang lebih banyak sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mempererat hubungan.

Namun sayangnya, meski ada waktu bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi, saat pandemi ini anak-anak lebih suka bermain gawai dibandingkan komunikasi dengan orangtua, misalnya melalui story telling atau mendongeng.

"Mendengarkan dongeng itu melatih imajinasi dan kreativitas anak dalam mempererat hubungan antara ibu dan anak, terutama di situasi pandemik seperti sekarang ini," kata psikolog anak dan keluarga Samanta Ananta MPsi dalam webinar dengan tema Lotte Choco Pie Storytime, Together, Sabtu (17/10/2020).

Ilustrasi mendongeng untuk anak (Tribunnews/Endra Kurniawan)
Ilustrasi mendongeng untuk anak (Tribunnews/Endra Kurniawan) (Tribunnews/Endra Kurniawan)

Samanta Ananta mengungkapkan fakta, penggunaan gawai seperti ponsel, tablet atau laptop dapat berdampak negatif pada fisik dan psikis, seperti sakit mata, kurang tidur, stress, mudah marah, sulit konsentrasi, dan sejenisnya.

Samanta menjelaskan, anak yang sering mendengarkan cerita atau sering dibacakan dongeng, memiliki motivasi ingin tahu yang lebih tinggi.

"Oleh karena itu, untuk menumbuhkan minat anak membaca, salah satunya dengan sering menceritakan anak dongeng yang menarik sejak usia dini,” tandasnya.

Baca juga: KSAD Tertarik dengan Proyek Buku Bertema Dongeng Nusantara Oscar Lawalata

Baca juga: Meisya Siregar Rajin Bacakan Dongeng, Apa Dampaknya Pada Bambang? Kini Lebih Imajinatif

BERITA TERKAIT

Mendongeng bisa meningkatkan bonding dengan anak, juga mampu membuat keterampilan sosial anak berkembang optimal.

"Mendongeng juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mendorong minat baca dan mengajarkan banyak hal pada anak dengan cara yang efektif," katanya.

Saat mendongeng orangtua bisa menyisipkan pesan-pesan moral atau kisah-kisah yang bisa memancing imajinasi sekaligus kreativitas anak.

"Kekuatan pemikiran bawah sadar inilah yang justru lebih efektif," katanya.

Ingen Ate Malem Meliala, selaku Marketing Manager Lotte Indonesia mengatakan, keluarga Indonesia mendapatkan tantangan untuk mewujudkan premium bonding moment disaat pandemik seperti ini.

"Ini yang melatarbelakangi kami terus berkomitmen dengan memberikan inspirasi dan berbagi wawasan mengenai peranan orangtua khususnya disituasi seperti ini," katannya.

Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para Moms yang selalu mendukung pertumbuhan dan kreatifitas anak dengan kegiatan yang positif dan edukatif.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas