Tribun Lifestyle

Belajar dan Berkreasi untuk Mengasah Keterampilan dan Kreatifitas Selama di Rumah Saja

Ada beberapa aktifitas yang dapat kita temukan dalam keseharian kita yang tadinya tidak terbiasa untuk dilihat dan dilakukan.

Belajar dan Berkreasi untuk Mengasah Keterampilan dan Kreatifitas Selama di Rumah Saja
Shutterstock
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Di era kenormalan yang baru ini, seluruh hal yang tadinya tidak dilakukan menjadi hal yang normal untuk dilaksanakan. Ada beberapa aktifitas yang dapat kita temukan dalam keseharian kita yang tadinya tidak terbiasa untuk dilihat dan dilakukan.

Misalnya memakai masker di tempat umum, membawa hand sanitizer kemanapun, mencuci tangan lebih sering, menjaga jarak minimal 1,5meter. Bahkan kita pun menemukan banyak sekali hobi baru yang bisa dilakukan dirumah misalnya memasak menu makanan baru atau berkebun dengan tanaman hias yang mempercantik setiap sudut ruang rumah.

Kenormalan yang baru ini bukanlah suatu hal yang sulit dilakukan jika kita sudah beradaptasi dengan baik, bahkan kita akan menjadi terbiasa karenanya. 

Demikian juga dengan proses bekerja dan belajar yang sampai hari ini masih harus dilakukan di rumah. Kenormalan yang baru dalam proses bekerja misalnya meeting melalui zoom meeting, atau platform meeting online lainnya.

Bahkan ada istilah virtual lunch yang dilakukan bersama teman-teman kantor. Dalam proses belajar juga mengalami perkembangan yang berbeda. Anak murid bertemu dengan guru dan teman-teman melalui kelas virtual, mengumpulkan pekerjaan sekolah melalui email dan harus mengasah kemampuan berpikir logika disbanding dengan menghafal materi belajar.

Dalam semua proses ini kita menitik beratkan pada interaksi sosial yang terjadi secara virtual, memang ada beberapa tantangan yang terjadi. Anak murid yang tadinya harus duduk diam di kelas mendengarkan materi belajar yang di ajarkan oleh para guru, mau tidak mau mereka akan tetap fokus dalam proses belajar selama di dalam kelas. Namun dalam kelas virtual,akan banyak sekali gangguan yang terjadi misalnya suara berisik yang terjadi dirumah, atau mainan fisik yang mengganggu konsentrasi belajar selama kelas virtual.

Makanya dalam masa ini, orang tua sering mengeluhkan bahwa tantangan pembelajaran ini tidak hanya menjadi hambatan bagi anak murid dan guru namun juga menjadi pekerjaan rumah yang berat bagi para orang tua.

Mereka yang juga sedang bekerja dirumah tetap harus meluangkan waktu khusus untuk mengawasi proses belajar anak mereka untuk memastikan bahwa anak-anak yang sedang belajar virtual dapat mencerna bahan materi belajar dengan baik dan lancar.

Untuk itulah orang tua harus pintar-pintar memilah kegiatan yang sesuai untuk anak mereka, dimana kegiatan ini mendukung anak belajar sambil bermain. Sebenarnya ada beberapa tips dan trik untuk menciptakan kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan dan kreatif selama dirumah. Terutama untuk anak-anak usia sekolah dasar yang berusia 4-12 tahun akan sangat tertarik dengan hal-hal baru.

Tip yang pertama adalah orang tua harus memiliki bahan belajar cetak yang dapat digunakan bersama anak mereka misalnya menggunting, mewarnai, melipat atau menggunakan lem. Anak usia 4-12 tahun akan sangat senang dengan kegiatan ini yang bisa melatih skill motoric dan kemampuan berpikri mereka. 

Tip yang kedua adalah orang tua harus memberikan bahan bacaan yang menarik dan bisa diceritakan seolah-olah peristiwa itu sedang terjadi di depan anak-anak mereka.

Tip yang ketiga adalah orang tua bisa mulai melibatkan anak-anak mereka untuk kegiatan yang sesuai dengan hobi dan keterampilan atau bakat yang mereka miliki dimulai dari yang ringan-ringan terlebih dulu, misalnya memasak menu makanan yang sederhana seperti telur dadar, membuat burger, memasak pizza mini, dan lain sebagainya.

Untuk semua tip dan trik di atas bisa dilihat pada akses belajar gratis yang disediakan oleh www.hp.com/id/printandplay 

Lalu orang tua dapat mencetak bahan belajar gratis tersebut dengan printer HP Deskjet Ink Advantage 2335 AiO dan atau HP Deskjet Ink Advantage 2336 AiO yang harganya sangat terjangkau dan mudah digunakan dengan aplikasi HP Smart yang dapat diunduh dari App Store atau Google Play Store.

Printer HP Ink Advantage ini dapat dibeli di toko resmi HP Indonesia atau di partner resmi di daerah-daerah seluruh Indonesia. 

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas