Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tips Hemat Belanja Perabot

Mengisi Rumah Baru, Simak Tips Beli Perabot Tanpa Bikin Kantong Jebol!

Bagi Anda yang baru saja mendapatkan rumah impian, berikut tips agar belanja perabot rumah tangga tidak bikin kantong bolong.

BizzInsight
Mengisi Rumah Baru, Simak Tips Beli Perabot Tanpa Bikin Kantong Jebol!
shutterstock
Ilustrasi beli perabot rumah tangga 

TRIBUNNEWS.COM - Salah satu hal yang paling dinanti ketika membeli rumah baru adalah mengisinya dengan berbagai perabot rumah tangga. Tentu saja, banyak perabot yang harus dibeli untuk mengisi berbagai ruangan. Dengan kata lain, Anda dan keluarga dituntut merogoh kocek yang cukup dalam.

Apalagi, perabot rumah tangga yang berukuran besar, seperti lemari, meja makan, dan sofa, maupun perabot elektronik seperti televisi, kulkas, hingga mesin cuci umumnya dibanderol dengan harga yang menguras dompet.

Namun, jangan khawatir! Bagi Anda yang baru saja mendapatkan rumah impian, berikut tips agar belanja perabot rumah tangga tidak bikin kantong bolong.

Persiapkan dana dari jauh hari

Jika Anda memiliki finansial yang berlebih mungkin membeli perabot rumah tangga bukan perkara yang sulit. Namun, jika kondisi finansial sedang terbatas, Anda perlu menyiapkan dana sejak jauh-jauh hari.

Misalnya, Anda dan pasangan bisa mulai membiasakan diri untuk menyisihkan sebagian pendapatan. Jangan lupa juga tentukan target hasil tabungan dan kapan Anda akan mulai membeli perabot rumah tangga.

Sebagai tips, Anda dapat menerapkan formula 50/30/20 saat mengelola keuangan keluarga. Menurut para ahli, 50% pendapatan digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, 30% lainnya digunakan untuk membayar cicilan (termasuk sewa rumah), dan 20% adalah tabungan yang tak bisa diganggu gugat.

Buat skala prioritas

Membuat skala prioritas saat membeli perabot rumah tangga adalah hal yang penting dilakukan, Pastikan perabot rumah tangga yang Anda beli pertama kali adalah barang yang benar-benar dibutuhkan keluarga, bukan sekadar keinginan.

Misalnya, Anda bisa terlebih dahulu memprioritaskan pembelian meja, sofa, meja dan kursi makan, atau lemari. Selain itu, untuk menunjang kebutuhan masak, prioritaskan kompor, kulkas, dan peralatan masak lainnya. Sisanya bisa menunggu sebelum yang paling vital terpenuhi.

Manfaatkan diskon

Memanfaatkan diskon adalah salah satu cara ampuh agar kantong Anda tidak jebol saat membeli perabot rumah tangga.

Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan potongan harga yang lumayan, misalnya dengan menjadi member di toko furniture atau memanfaatkan cashback yang biasanya diberikan oleh marketplace.

Cara lainnya adalah dengan menunggu momentum diskon besar-besaran yang biasanya hadir pada  hari-hari besar dan akhir tahun.

Enggak ada salahnya beli yang bekas

Tidak semua perabot bekas berkualitas yang jelek. Banyak pula perabot bekas yang memiliki kualitas masih sangat bagus.

Untuk mendapatkan yang berkualitas, Anda mesti memperhatikan beberapa hal sebelum membeli perabot bekas. Perhatikan bagus atau tidaknya kondisinya, tahun pembelian perabot dari tangan pertama, dan pastikan seluruh komponen berjalan dengan baik sebelum melakukan transaksi.

Boleh kredit asal memenuhi syarat ini

Membeli keperluan rumah tangga dengan sistem kredit juga boleh dilakukan dilakukan asalkan tidak mengganggu kebutuhan pokok rumah tangga Anda.

Dikutip dari Kontan, ada beberapa syarat untuk membeli perabot secara kredit dan tetap berhemat, yaitu: pastikan Anda sangat membutuhkan perabot tersebut, pilih cicilan tanpa bunga, pilih yang jumlah angsurannya tak lebih dari 35 persen dari penghasilan bulanan, dan pastikan perabot akan digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Pilih perabot yang bisa dipakai jangka panjang

Langkah terakhir ini cocok digunakan ketika Anda ingin membeli perabot elektronik. Salah satu perabot elektronik yang paling sering dibutuhkan rumah tangga adalah kulkas. Dalam membeli kulkas, sebaiknya Anda memilih kulkas yang berukuran besar.

Ketika memiliki kulkas dengan volume penyimpanan yang besar, maka Anda bisa mengantisipasi apabila dikemudian hari kebutuhan bahan makanan meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah anggota keluarga.

Salah satu kulkas dengan volume besar dan diminati oleh banyak keluarga di Indonesia adalah Polytron Belleza Jumbo.

Sebagai kulkas masa kini, Polytron Belleza Jumbo telah didesain secara khusus dengan konsep yang modern dan dilengkapi oleh dua pintu tempered glass door.

Tidak hanya itu, rak penyimpanan yang berukuran hingga 58cm atau jumbo cabinet pastinya akan sangat membantu Anda dan keluarga dalam menyimpan beragam sayuran, buah, daging, bumbu dapur, sirup, susu, pudding, cake, dan lainnya.

Polytron Belleza Jumbo dilengkapi beragam fitur modern lainnya, seperti inverter compressor, low noise, lampu LED, portable ice twist tray, bottle pocket yang lebih besar, tempered glass rack yang bisa disesuaikan, dan automatic defrost system.

Polytron Belleza Jumbo

Selain itu, kulkas ini juga dilengkapi dengan teknologi Hybrid Deodorizer yang bisa menghilangkan aroma tidak sedap di dalam kulkas. Yang tidak kalah penting, konsumsi listriknya hanya 115 watt dan pastinya lebih hemat 20% jika dibandingkan produk serupa.

Bayangkan, dengan harga yang sama, Anda bisa mendapatkan kulkas yang lebih besar. Tentu saja, Anda dapat lebih menghemat pengeluaran untuk belanja perabotan lainnya.

Untuk mendapatkan Polytron Belleza Jumbo, pesan langsung secara daring melalui Polytron Official Store yang terdapat di marketplace dan tautan ini atau kunjungi electronic store di dekat rumah Anda.    

Ikuti kami di
  Loading comments...
Berita Populer
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas