Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kiat Memasak Praktis

5 Tips Jitu Memasak Sahur Anti Repot, Nggak Perlu Bangun Kepagian Deh!

Supaya Anda dapat mempersiapkan hidangan sahur dengan lebih tenang dan lebih praktis, berikut 5 tips memasak makanan sahur yang anti ribet.

BizzInsight
5 Tips Jitu Memasak Sahur Anti Repot, Nggak Perlu Bangun Kepagian Deh!
Shutterstock
Tips memasak sahur yang praktis dan instan. 

TRIBUNNEWS.COM - Pada bulan Ramadan, momen menyiapkan makanan sahur adalah kebahagiaan sekaligus tantangan tersendiri bagi para ibu rumah tangga.

Sambil melawan rasa kantuk, para ibu rela bangun terlebih dahulu dibanding yang lain untuk segera memasak makanan buat seluruh anggota keluarga.

Untuk itu, Anda dituntut untuk memasak tepat waktu, sekaligus berusaha tidak terburu-buru dalam menyajikan makanan sahur, agar rasanya tetap enak dan tetap bernutrisi.

Supaya Anda dapat mempersiapkan hidangan sahur dengan lebih tenang dan lebih praktis, berikut 5 tips memasak makanan sahur yang anti ribet.

Buat daftar menu makanan sahur selama satu minggu

Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat list menu makanan untuk sahur. Anda dapat merencanakan daftar menu sahur untuk tujuh hari.

Agar lebih mudah, pilihlah menu makanan yang tak membutuhkan banyak bahan serta proses masaknya cepat.

Selain itu, bila perlu Anda dapat merencanakan daftar makanan sahur bersama anggota keluarga lainnya, agar menunya dapat disesuaikan dengan selera mereka. 

Belanja berbagai bahan makanan

Daftar menu sahur untuk satu minggu sudah dibuat? Saatnya berbelanja bahan makanan!

Anda dapat merinci bahan-bahan yang diperlukan, mengecek bahan yang sudah tersedia di dapur, dan mendaftar bahan-bahan apa yang harus dibeli.

Usahakan berbelanja bahan makanan sesuai jumlah yang dibutuhkan dari daftar menu mingguan yang telah dibuat, mulai dari bahan makanan utama hingga bumbu pelengkap. Jika semuanya lengkap, Anda bisa menyiapkan sahur lebih tenang selama tujuh hari ke depan.

Tips memasak sahur yang praktis-1
Tips memasak sahur yang praktis dan instan.

Siapkan bahan makanan di malam hari 

Bahan makanan dapat disiapkan mulai malam hari. Misalnya, Anda dapat membersihkan daging dan ikan, mengupas dan mengiris rempah-rempah, dan mencuci serta memotong sayur mayur.

Nantinya, Anda hanya tinggal mengolah bahan makanan tersebut sebelum waktu sahur. Dengan begitu, Anda tak perlu bangun terlalu dini untuk mempersiapkannya.

Atau, agar lebih efektif, Anda dapat memasak menu sahur pada malam hari. Ketika mendekati waktu sahur, Anda dapat bangun lebih awal untuk tinggal menghangatkannya saja.

Memilih lauk siap saji

Supaya kian praktis lagi, Anda dapat menyiapkan lauk siap saji yang mudah dimasak namun tetap sehat, seperti ayam ungkep, aneka sup, aneka sayur tumis, tempe dan tahu.

Anda juga dapat menyetok makanan beku di lemari es sesekali, seperti sayur dan daging yang sudah dibumbui, agar dapat menyiapkan sahur tanpa terburu-buru.

Memilih alat masak yang efisien

Alat masak yang canggih akan membuat proses memasak jauh lebih cepat, praktis, dan bebas repot. 

Anda dapat menggunakan alat masak yang inovatif dengan fitur canggih seperti Sharp Healsio Hotcook. Salah satu produk dari Healsio Automatic Cookware ini menawarkan pengalaman memasak yang sederhana namun sangat praktis!

Dengan Sharp Healsio Hotcook, Anda tak perlu repot bangun terlalu pagi untuk memasak sahur. Pasalnya, alat ini memudahkan Anda memasak hanya dengan sentuhan tombol yang dapat memproses menu yang diinginkan.

Healsio Automatic Cookware diprogram untuk 114 menu masakan Indonesia maupun mancanegara dengan proses pengadukan otomatis sesuai masakan yang diolah. 

Healsio Automatic Cookware - Hotcook
Healsio Automatic Cookware - Hotcook

Cara menggunakan Sharp Healsio Hotcook sangat mudah. Anda hanya perlu masukan bahan-bahan makanan ke dalam Hotcook. Kemudian, Hotcook dapat memasak secara otomatis makanan yang Anda inginkan.

Yang membuatnya makin istimewa, Anda dapat mengeset waktu memasak. Fitur pre set timer cooking membuat Hotcook dapat memasak bahan makanan dengan waktu yang Anda tentukan sendiri.

Dengan kata lain, makanan akan matang dengan waktu yang ditentukan, sehingga ketika bangun sahur, masakan sudah bisa dihidangkan untuk keluarga!

Healsio Automatic Cookware - Hotcook-2
Healsio Automatic Cookware - Hotcook

Meskipun menyajikan makanan secara praktis, tak perlu khawatir kandungan nutrisinya berkurang. Sebab, Sharp Healsio Hotcook memastikan proses memasaknya menjaga sirkulasi kandungan uap dari bahan masakan, sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga

Tak hanya itu, sistem sirkulasi uap Hotcook memasak dengan kelembapan alami, sehingga Anda dapat menikmati citarasa asli dari bahan makanan.

Kini, Anda tak perlu lagi repot bangun terlalu pagi dan terburu-buru memasak makanan sahur. Dengan Sharp Healsio Hotcook, atur waktu memasak sesuai yang Anda inginkan. Semua bahan makanan dimasak otomatis semudah menekan tombol! Info lebih lanjut, klik di sini.

Penulis: Dea Duta Aulia/Editor: Bardjan

Ikuti kami di
  Loading comments...
Berita Populer
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas