Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Hipertensi Umum Dialami Kaum Milenial, Ketahui Gaya Hidup yang Jadi Solusinya

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan tekanan darah tinggi atau hipertensi jadi kondisi umum dialami generasi milenial.

Hipertensi Umum Dialami Kaum Milenial, Ketahui Gaya Hidup yang Jadi Solusinya
darahtinggihipertensi.com
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM - Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan tekanan darah tinggi atau hipertensi jadi kondisi umum dialami generasi milenial.

Dari data tersebut diketahui 34,11 persen orang dewasa di atas usia 18 tahun mengalami hipertensi.

Jumlah itu meningkat dari tahun 2013, yang menunjukkan 14,5 persen orang dewasa berusia di atas 18 tahun menderita penyakit tersebut.

Sementara orang berusia 25-43 tahun yang punya penyakit hipertensi sebanyak 14.7 persen dan 24.8 persen pada usia 35-44 tahun.

Dr Badai Bhatara Tiksnadi, Sp.JP (K), MM, FIHA, dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) menjelaskan, gaya hidup kurang bergerak menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Baca juga: Jika Ingin Olahraga, Penderita Hipertensi Wajib Pastikan Denyut nadi dan Tekanan Darah Terkontrol

"Pada milenial, kemajuan teknologi yang membuat kita kurang bergerak, dan stres menyebabkan risiko hipertensi meningkat. Sekarang ini kita bisa memesan makanan secara online lewat aplikasi sehingga kita lebih sedikit bergerak," jelas Badai dalam acara "Omron Virtual Media Briefing bersama YJI dan PERKI" yang diadakan virtual pada Kamis (3/6/2021).

Kaitan antara hipertensi dan Covid-19

Disampaikan Badai, dari data Center for Disease Control and Prevention (CDC) di tahun 2020, ditemukan banyak pasien Covid-19 juga mengalami penyakit hipertensi.

"Dari data CDC, hipertensi adalah komorbid atau penyakit penyerta terbanyak yang dialami penderita Covid-19. Sebanyak 60 persen pasien Covid-19 mengalami hipertensi," kata dia.

Tekanan darah tinggi yang terjadi dalam jangka waktu lama akan melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh rentan tertular infeksi.

Baca juga: 10 Khasiat Bajigur, Dipercaya Bantu Ringankan Flu, Batuk hingga Hipertensi

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Willem Jonata
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas