Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Di Indonesia Aja

Anti Bosan #DiRumahAja, Coba 7 Kegiatan Super Seru Ini Bareng Keluarga yuk!

Saatnya menjajal kegiatan yang belum pernah kamu lakukan sekeluarga. Hal ini juga sekaligus jadi momen quality time bersama keluarga.

BizzInsight
Anti Bosan #DiRumahAja, Coba 7 Kegiatan Super Seru Ini Bareng Keluarga yuk!
iStock
Ilustrasi quality time bersama keluarga di tengah penerapan PPKM Darurat. 

TRIBUNNEWS.COM - Untuk menekan lonjakan angka kasus Covid-19 yang terjadi satu bulan belakangan, kebijakan PPKM Darurat mengharuskan masyarakat untuk #DiRumahAja jika tidak ada keperluan mendesak.

Tak dapat dimungkiri kamu mungkin akan dilanda rasa bosan ketika berhari-hari stay at home. Namun, kamu bisa menciptakan kesenangan di rumah dengan melakukan aktivitas seru bersama keluarga, lho!

Saatnya menjajal kegiatan yang belum pernah kamu lakukan sekeluarga. Hal ini juga sekaligus jadi momen quality time bersama keluarga.

Terlebih lagi, melakukan kegiatan yang menyenangkan juga bisa menjadi penghilang stres di rumah, sehingga dapat menjaga kesehatan mental di tengah pandemi.

Nah, berikut 7 rekomendasi kegiatan seru #DiRumahAja bersama keluarga yang dijamin akan membunuh rasa bosanmu!

1. Bermain permainan tradisional

Siapa yang rindu dengan beragam permainan tradisional yang penuh nostalgia, seperti congklak, bola bekel, kelereng, petak umpet, atau ular naga? Berbagai permainan tradisional tersebut bisa dilakukan bersama keluarga selama #DiRumahAja.

Tak hanya turut melestarikan permainan tradisional, kegiatan seru ini juga bisa jadi alternatif orang tua untuk menghindari anak-anak berpaku terlalu lama bermain gadget.

2. Bermain board game

Ilustrasi board game
Ilustrasi board game. (Shutterstock)

Selain permainan tradisional, bermain board game juga menjadi pilihan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan. Beberapa rekomendasi board game yang cocok untuk dimainkan bersama seluruh anggota keluarga adalah ular tangga, scrabble, monopoli, ludo, halma, hingga catur.

Dengan bermain board game, banyak manfaat yang bisa diperoleh, terutama jika bermain bersama si kecil.

Dikutip dari Bobo, board game bermanfaat untuk melatih komunikasi dengan teman bermain, mengasah ketelitian, perencanaan atau strategi, kesabaran, dan juga melatih jiwa sportivitas.

3. Memanggang kue (baking) bersama

Setiap keluarga biasanya memiliki kue dan pastry favorit. Tak sedikit juga yang memiliki resep kue dan pastry lalu diturunkan dari generasi ke generasi. Nah, momen #DiRumahAja bisa jadi saat yang tepat untuk baking resep favorit bareng keluarga.

Atau, kamu juga bisa bereksperimen dengan resep baking baru yang bisa kamu eksplor di internet. Dijamin, aktivitas memanggang kue bersama pasti asyik dan bikin hubungan keluarga makin akrab dan harmonis!

4. Piknik di halaman rumah

Ilustrasi.
Ilustrasi. (iStock)

Memanfaatkan halaman rumah untuk piknik keluarga bisa jadi kegiatan menyenangkan sekaligus sebagai pengobat rindu jalan-jalan keluar rumah. Selain halaman, rooftop juga bisa menjadi alternatif untuk piknik di rumah.

Sulap pekarangan dengan atribut piknik, seperti tikar, tenda, satu set meja dan kursi makan, barbeque set, dan lain-lain. Siapkan makanan, minuman, dan camilan nikmat serta lagu yang menyenangkan agar piknik bersama keluarga lebih ceria.

5. Olahraga bersama secara online

Ilustrasi bersama secara online.
Ilustrasi bersama secara online. (iStock)

Ingin kegiatan yang fun tapi tetap menyehatkan? Melakukan olahraga bersama secara online adalah jawabannya!

Mengutip Halodoc, tinjauan ilmiah 2019 di Journal of Sport and Health Science menyatakan, selain menjaga kebugaran fisik, olahraga dapat meningkatkan respons imun, menurunkan risiko penyakit, dan mengurangi peradangan.

Rekomendasi olahraga indoor yang bisa dilakukan bersama secara online misalnya saja senam aerobik, yoga, pilates, dance cardio, dan zumba.

6.  Bercocok tanam

Selain berolahraga, kegiatan bercocok tanam atau berkebun juga bisa jadi pilihan aktivitas pembunuh rasa bosan bersama keluarga. Belilah bibit sayur, buah, atau bunga secara online untuk ditanam. Jangan lupa libatkan anak dalam proses menanam dan merawat tanaman.

Kegiatan ini juga bisa menjadi sarana belajar anak untuk belajar bertanggung jawab dan mengenal dunia flora, lho!

7. Virtual traveling

Ilustrasi virtual traveling.
Ilustrasi virtual traveling. (iStock)

Kangen berwisata saat PPKM Darurat? Bagaimana kalau menjajal virtual traveling! Banyak situs yang akan menyuguhkanmu keindahan berbagai tempat wisata di Indonesia yang bisa diakses dari rumah.

Apalagi, kini sudah banyak situs destinasi wisata yang juga menawarkan fitur virtual tour menarik sehingga membuatmu lupa bahwa sedang berada di rumah.

Tak hanya melalui situs yang menyediakan fitur foto dan video virtual tour dengan Virtual Reality dan Augmented Reality 360 derajat, virtual traveling juga bisa kamu dapatkan melalui konten-konten menarik di media sosial yang mempromosikan berbagai destinasi wisata.

Selagi menikmatinya, kamu juga bisa membuat wishlist destinasi wisata yang kelak akan kamu kunjungi ketika keadaan sudah mulai membaik.

Ketika keadaan sudah memungkinkan untuk kembali berwisata, kamu tak hanya dapat mewujudkan wishlist dan melepas stres, tetapi juga turut berkontribusi membantu pemulihan ekonomi dan keberlangsungan hidup para pelaku pariwisata di Indonesia.

Seperti yang diketahui, selama kebijakan PPKM Darurat ini untuk sementara para pelaku sektor pariwisata harus menyesuaikan kembali bisnis yang mereka jalankan.

Namun, untungnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mempercepat proses pendistribusian dan hibah pariwisata yang merupakan salah satu upaya mitigasi dan keberlangsungan para pelaku sektor pariwisata yang terdampak Covid-19.

“Dana hibah ini sekarang bolanya sudah bergulir, rekan-rekan kementerian/lembaga sekarang sedang memproses. Harapan kami segera bisa dirampungkan. Ini kita lakukan percepatan, dan diselesaikan hingga bisa diterima di kuartal tiga pertengahan atau akhir. Tapi dengan adanya PPKM Darurat, kami mengambil keputusan untuk percepatan,” ujar Menparekraf Sandiaga, dikutip dari siaran pers berjudul Menparekraf: Proses Pendistribusian Dana Hibah Pariwisata Akan Dipercepat, Senin (5/7/2021).

Nah, untuk rekomendasi aktivitas seru #DiRumahAja lainnya, kamu bisa berpartisipasi dalam kompetisi TikTok Hashtag Challenge #DiIndonesiaAja. Dapatkan hadiah total jutaan rupiah dan merchandise keren dari Wonderful Indonesia!

Caranya mudah, upload konten video TikTok berdurasi maksimal 15 detik menggunakan efek #DiIndonesiaAja dari akun TikTok @indonesia.travel. Jangan lupa mention akun @indonesia.travel ya.

Untuk referensi dan informasi lebih lanjut mengenai pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air, kunjungi akun instagram @pesonaid_travel.

Jangan lupa, selalu patuhi protokol kesehatan 6M yaitu mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, menghindari makan bersama, dan mengurangi mobilitas, jika kamu harus melakukan kegiatan penting di luar rumah. Disiplin protokol kesehatan adalah langkah bijak untuk menjaga diri sendiri serta orang-orang tersayang dari bahaya virus.

Selain itu, upayakan juga untuk segera melakukan vaksinasi agar kita bisa lekas menciptakan herd immunity dan keluar dari belenggu pandemi ini.

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Bardjan

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas