Tribun Lifestyle

Dokter Sebut Masalah Pertumbuhan Anak Bisa Diatasi Lewat Terapi 'Growth Hormone'

Saat membicarakan mengenai masa pertumbuhan anak maka ada hal kompleks yang harus dibahas.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Dokter Sebut Masalah Pertumbuhan Anak Bisa Diatasi Lewat Terapi 'Growth Hormone'
Tribunnews.com/Fitri Wulandari
Dokter Spesialis Anak dan Konsultan di Brawijaya Hospital, dr. Frida Soesanti, Sp.A (K)., dalam webinar bertajuk 'Indikasi Terapi Growth Hormone pada Anak dan Remaja', Minggu (5/6/2022). (Foto: Capture Zoom Meeting). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masa pertumbuhan bagi anak-anak adalah momen yang sangat penting untuk memastikan perkembangannya tidak mengalami gangguan, baik secara fisik maupun mental.

Dokter Spesialis Anak dan Konsultan di Brawijaya Hospital, dr. Frida Soesanti, Sp.A (K)., mengatakan bahwa saat membicarakan mengenai masa pertumbuhan anak maka ada hal kompleks yang harus dibahas.

Karena pembahasan mengenai pertumbuhan anak ini tidak hanya berfokus pada kondisi fisiknya saja namun juga faktor yang mendukung tumbuh kembangnya.

"Kalau kita berbicara mengenai pertumbuhan, kita tidak hanya bicara bahwa anak ini pendek, tinggi, dan segala macam. Karena anak yang sebetulnya kesehariannya normal-normal saja itu bisa terjadi gangguan pertumbuhan misalnya," ujar dr. Frida, dalam webinar bertajuk 'Indikasi Terapi Growth Hormone pada Anak dan Remaja' pada Minggu (5/6/2022).

Baca juga: Vaksin yang Digunakan dalam Program Bulan Imunisasi Anak Nasional, Begini Kata Kata ITAGI

Menariknya, baik atau buruknya pertumbuhan anak ternyata turut dipengaruhi pula oleh kesejahteraan negara tempat anak itu tumbuh.

Semakin baik pertumbuhan anak di suatu negara, maka hal tersebut menjadi bukti bahwa negara itu tergolong sejahtera.

"Kalau pertumbuhan anak dan remajanya di suatu negara bagus, maka itu merupakan indikasi dari kesejahteraan suatu negara. Artinya makin sejahtera suatu negara, maka growth anak-anaknya akan semakin bagus. Jika tidak sejahtera, maka makin jelek (growthnya)," kata dr. Frida.

Nah, pertumbuhan anak ini dapat dibantu pula oleh hormon pertumbuhan atau Growth Hormone (GH).

Saat ini banyak orang tua yang mulai memanfaatkan terapi GH untuk memperbaiki pertumbuhan fisik anak mereka.

Dikutip dari laman www.gosh.nhs.uk, Minggu (5/6/2022), GH ini diproduksi oleh kelenjar pituitari yang terletak jauh di dalam otak, instruksi untuk memproduksi GH berasal dari bagian tubuh yang lain, misalnya hipotalamus.

Jika ada masalah dengan hipotalamus, hipofisis atau hubungan antara keduanya, pelepasan GH pun akan terpengaruh, ini yang kemudian menyebabkan defisiensi GH.

Tidak hanya itu, GH juga bertanggung jawab untuk melepaskan hormon lain dan bersifat sebagai pembawa pesan kimia, misalnya memberitahu hati untuk memproduksi Insulin like Growth Factor 1 (IGF 1) yang penting untuk pertumbuhan di masa kanak-kanak.

Lalu bagaimana anak itu tumbuh?

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas