Tribun Lifestyle

Idul Adha 2022

Kapan Puasa Arafah? Tanggal 9 Dzulhijjah atau Harus Bersamaan saat Wukuf?

Kapan puasa Arafah? Tanggal 9 Dzulhijjah atau harus bersamaan saat wukuf? Wukuf di Mekkah dilakukan pada tanggal 8 Juli 2022.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Sri Juliati
zoom-in Kapan Puasa Arafah? Tanggal 9 Dzulhijjah atau Harus Bersamaan saat Wukuf?
Tarbiyah
Ilustrasi Jemaah Haji yang Tengah Wukuf di Padang Arafah - Kapan puasa Arafah? Tanggal 9 Dzulhijjah atau harus bersamaan saat wukuf? Wukuf di Mekkah dilakukan pada tanggal 8 Juli 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, yaitu satu hari sebelum Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Tanggal 9 Dzulhijjah menjadi hari pelaksanaan wukuf di Mekkah bagi yang sedang beribadah haji.

Sementara bagi umat Islam yang tidak melaksanakan haji dianjurkan berpuasa Arafah.

Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan hari raya Idul Adha (10 Dzulhijjah) jatuh pada 10 Juli 2022, sehingga puasa Arafah akan dilakukan pada 9 Juli 2022 (9 Arafah).

Tanggal ini berbeda dengan Arab Saudi yang menetapkan 10 Dzulhijjah pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Lalu, apakah puasa Arafah di Indonesia dilakukan pada 9 Juli 2022 atau harus mengikuti wukuf di Mekkah pada 8 Juli 2022?

Baca juga: Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah, Amalan Sunnah yang Dianjurkan Sebelum Idul Adha

Diketahui, perbedaan Idul Adha tahun ini antara pemerintah Indonesia dan Arab Saudi adalah hal biasa yang terjadi.

Adanya perbedaan karena perbedaan metode dalam menetapkan 1 Zulhijah yakni Rukyah dan Hisab.

Selain perbedaan metode tersebut, perbedaan sering terjadi antara satu negara dan negara lain, terutama jika standar 9 Zulhijah adalah terjadinya hari wukuf di Padang Arafah.

Oleh karena itu, Majelis Ulama Indonesia menganjurkan agar masyarakat mengikuti pemerintah Indonesia karena keputusan pemerintah menghilangkan perbedaan pendapat.

Hal tersebut diakui oleh seluruh fuqaha dari empat mazhab.

Baca juga: Apa Ada Cuti Bersama Idul Adha 2022? Simak Jadwal Cuti Bersama Sesuai SKB 3 Menteri

Jemaah mengelilingi Ka'bah, tempat suci umat Islam, di Masjidil Haram di kota suci Mekah, Saudi, pada hari pertama hari raya al-Adha yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia, pada 20 Juli 2021.
Jemaah mengelilingi Ka'bah, tempat suci umat Islam, di Masjidil Haram di kota suci Mekah, Saudi, pada hari pertama hari raya al-Adha yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia, pada 20 Juli 2021. (Fayez Nureldine / AFP)

Adanya perbedaan Makkah dan Indonesia sangat riskan (besar risikonya) karena wukuf di Mekah jatuh pada hari Jumat (8/7/2022) dan Idul Adha di Mekah jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Di Indonesia puasa Arafah hari Sabtu, lebaran hari Ahad.

MUI berpendapat, mengenai perbedaan, maka umat Islam harus mengikuti terbitnya bulan sesuai wilayah atau negerinya berada.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas