Tribun Lifestyle

Tanda Penuaan Dini Cepat Muncul, Dokter Bagikan Tips Merawat Area Mata

Merawat kulit wajah penting agar memiliki tampilan menawan. Namun jangan lupa untuk merawat kulit area mata.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Tanda Penuaan Dini Cepat Muncul, Dokter Bagikan Tips Merawat Area Mata
Tribunnews.com/Rina Ayu
Dokter spesialis kulit dan kelamin Dr Arini Astasari Widodo, SpKK 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --Merawat kulit wajah penting agar memiliki tampilan menawan. Namun jangan lupa untuk merawat kulit area mata.

Tak bisa dipungkiri merawat area mata seringkali menjadi tantangan.

Dokter spesialis kulit dan kelamin Dr Arini Astasari Widodo, SpKK menjelaskan, kulit di sekitar mata lebih tipis, lebih rapuh, memiliki jaringan yang lebih longgar, dan cenderung lebih sensitif dibandingkan area wajah lainnya.

Baca juga: Manfaat Teh Telang untuk Kesehatan, Anti Penuaan hingga Tingkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Area kulit bawah mata biasanya merupakan area yang cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus. Kulit di sekitar mata membutuhkan lebih banyak pelembab.

"Aktivitas dapat membuat otot dan organ mata kita bekerja lebih keras sepanjang waktu. Juga makan terlalu banyak makanan tinggi garam juga dapat menyebabkan retensi air yang membuat area bawah mata tampak bengkak," kata dia kegiatan di SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (14/9/2022).

Anggota Perdoski ini membagikan, tips cara memilih skincare untuk area mata.

Ilustrasi penuaan dini.
Ilustrasi penuaan dini. (Science News)

Pertama, menggunakan produk yang diformulasikan khusus untuk sekitar mata.

Kedua, menggunakan produk dan aplikator yang tepat sesuai masalah under eye.

Ketiga, memilih produk yang memiliki konsentrasi tinggi.

Serta, mengetahui kandungan dalam produk yang digunakan non iritable dan dapat melembabkan.

Baca juga: 6 Manfaat Yoghurt untuk Kulit: Obati Jerawat hingga Cegah Penuaan

“Hyaluronic Acid adalah bahan yang dapat mempertahankan kelembapan dengan cara mengikat air di jaringan kulit untuk membuat kulit di bawah mata terasa lebih kenyal dan terhidrasi sehingga dapat menyamarkan garis-garis halus di bawah area mata dengan meningkatkan hidrasi kulit," jelas dia.

Selain itu kafein dikenal akan kandungan antioksidannya yang dapat membantu menyegarkan kulit di area mata dan mengurangi retensi air di area mata untuk mengurangi mata yang sembap.

"Kandungan aktif dalam eye product dapat diserap dengan lebih optimal dengan teknik aplikasi tertentu. Namun di sisi lain, karena area kulit sekitar mata yang lebih tipis dan sensitif, tidak boleh terlalu agresif agar kulit mata tidak teriritasi," ungkap dermatolog dari dermatologist Jakarta ini.

Diketahui, area mata selalu menjadi salah satu masalah kecantikan utama bagi wanita. Menemukan eye product yang optimal selalu menjadi tantangan bagi banyak wanita. Oleh karena itu, L’Oréal Paris menghadirkan eye serum pertama dengan kombinasi Hyaluron dan Caffeine, L'Oreal Paris Triple Roller 2.5 persen [Hyaluron + Caffeine] Eye Serum.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas