Tribun Lifestyle

Bacaan Doa

Bacaan QS At Taubah Ayat 128 dan 129: Latin, Arab, Terjemahan, dan Tafsir

Bacaan surat At Taubah ayat 128 dan 129, dilengkapi tulisan latin, terjemahan, dan tafsir. At Taubah artinya Pengampunan.

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
zoom-in Bacaan QS At Taubah Ayat 128 dan 129: Latin, Arab, Terjemahan, dan Tafsir
Tribunnews/Muhammad Nursina
Sejumlah santri Pondok Pesantren Baitul Musthofa, Mojosongo, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, membaca ayat suci Alquran di bawah sinar lilin dan lampu petromaks, Senin (25/4/2022) malam. Berikut bacaan surat At Taubah ayat 128 dan 129 yang merupakan dua ayat terakhir surat At Taubah, dilengkapi tulisan latin, terjemahan, dan tafsir. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut bacaan surat At Taubah ayat 128 dan 129 yang merupakan dua ayat terakhir surat At Taubah, dilengkapi tulisan latin, terjemahan, dan tafsir.

Surat At Taubah adalah surat ke-9 dalam Al Quran yang berarti Pengampunan.

Surat At Taubah terdiri dari 129 ayat.

Baca juga: Bacaan Surat At Taubah Ayat 105 Beserta Terjemahan dan Tafsir

Bacaan dan Terjemahan QS At Taubah ayat 128 dan 129, dilansir quran.kemenag.go.id:

لَقَدْ جَاۤءَكُمْ رَسُوْلٌ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ عَزِيْزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيْصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِيْنَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ ١٢٨

128. Laqad jā'akum rasūlum min anfusikum ‘azīzun ‘alaihi mā ‘anittum ḥarīṣun ‘alaikum bil-mu'minīna ra'ūfur raḥīm(un).

128. Sungguh, benar-benar telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri. Berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, dan (bersikap) penyantun dan penyayang terhadap orang-orang mukmin.

فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ ࣖ ١٢٩

129. Fa in tawallau faqul ḥasbiyallāhu lā ilāha illā huw(a), ‘alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul-‘arsyil-‘aẓīm(i).

129. Jika mereka berpaling (dari keimanan), katakanlah (Nabi Muhammad), “Cukuplah Allah bagiku. Tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal dan Dia adalah Tuhan pemilik ‘Arasy (singgasana) yang agung.”

>> Lanjut membaca QS At Taubah FULL

Tafsir Wajiz QS At Taubah Ayat 128 dan 129:

Dikutip dari quran.kemenag.go.id, pada QS At Taubah ayat 127, diakhiri dengan penegasan bahwa hati orang munafik dipalingkan dari kebenaran karena sesungguhnya mereka tidak mau memahami kebenaran walaupun yang membawa kebenaran tersebut adalah Nabi Muhammad yang sangat penyantun dan penyayang sebagaimana disebutkan dalam ayat 128 ini.

Demi kebesaran dan keagungan Tuhan, sungguh, telah datang kepadamu seorang rasul yang mulia dari kaummu sendiri sehingga tidak asing bagi kamu.

Sangat berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami baik derita lahir maupun batin, dia sangat menginginkan kebaikan, kabahagiaan dan keselamatan bagimu, yakni bagi kamu semua baik yang muslim maupun yang kafir, dia sangat penyantun dan penyayang.

Yakni memberi kebaikan secara melimpah melebihi kebutuhan maupun sesuai kebutuhan terhadap orang-orang yang beriman.

Maka jika mereka berpaling dari keimanan dan menolak mengikuti ajaranmu wahai Nabi Muhammad, maka katakanlah kepada mereka: “Cukuplah Allah bagiku, Dia yang akan membela dan melindungiku; tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Dia.

Hanya kepada-Nya aku bertawakal, yakni berserah diri setelah berusaha sekuat tenagaku, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki, mencipta, dan mengatur ‘Arsy singgasana yang agung.”

(Tribunnews.com)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas