Tribun Lifestyle

5 Tips Ampuh Agar Lebih Nyaman Duduk Lama di Kantor, Enggak Ada Lagi Kata Pegal!

Jika pekerjaan kita mewajibkan untuk duduk selama berjam-jam dalam sehari, tentu kita harus memilih kursi yang nyaman.

Editor: Content Writer
zoom-in 5 Tips Ampuh Agar Lebih Nyaman Duduk Lama di Kantor, Enggak Ada Lagi Kata Pegal!
ruparupa.com
Pilih kursi yang nyaman dan pastikan duduk dalam posisi yang benar saat duduk selama berjam-jam dalam sehari. 

TRIBUNNEWS.COM - Jika pekerjaan kita mewajibkan untuk duduk selama berjam-jam dalam sehari, tentu kita harus memilih kursi yang nyaman. Tidak hanya itu, kita juga perlu duduk dalam posisi yang benar.

Soalnya, duduk dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan berbagai dampak buruk untuk tubuh, antara lain meningkatkan tekanan darah, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang, serta meningkatnya kadar kolesterol jahat.

Nah, kami punya beberapa tips duduk nyaman saat bekerja di kantor yang bisa kamu ikuti seperti berikut.

1. Posisikan Lengan Sejajar dengan Tulang Belakang

Pastikan posisi lengan atas sejajar dengan tulang belakang. Soalnya, posisi lengan yang terlalu tinggi atau rendah bisa menimbulkan tekanan pada sendi, bahu, dan punggung bagian atas sehingga tubuh jadi mudah pegal dan sakit. Selain itu, bagian siku juga harus ditekuk sampai dengan sudut 90 derajat agar bahu lebih rileks dan mudah digerakkan.

2.  Atur Tinggi Kursi

Kursi kantor biasanya memiliki fitur untuk mengatur ketinggian kursi. Untuk itu, pastikan kamu mengaturnya sesuai tinggi badan dan meja. Hindari menggunakan kursi yang terlalu rendah karena tubuh bagian atas akan  membungkuk, karena hal ini dapat mengakibatkan tekanan pada pinggul, lutut, dan sendi pergelangan kaki makin meningkat sehingga terasa nyeri.

Cara mengatur ketinggian kursi kerja yang paling tepat adalah dengan memastikan bahwa kedua kaki bisa menapak di atas lantai dan posisi lutut berada pada sudut 90 derajat.

3. Sesuaikan Bentuk Sandaran Kursi

Saat duduk berjam-jam, kita perlu menyandarkan tubuh agar tulang punggung tidak terasa pegal. Untuk itu, pastikan sandaran kursi yang digunakan memiliki bentuk sesuai lengkung tulang belakang. Selain itu, pastikan posisi tubuh saat duduk agak tegak dan tidak membungkuk.

4.    Atur Sandaran Lengan

Meski harga kursi kantor dengan sandaran lengan lebih mahal, tetapi fitur ini sangat dibutuhkan.  Soalnya, sandaran lengan atau armrest bisa membantu mengurangi ketegangan leher dan bahu. Selain itu, sandaran lengan kursi juga dapat mengurangi risiko tubuh membungkuk ketika bekerja.

5.    Biasakan untuk Berdiri

Setiap 20-30 menit, kita perlu berdiri dari kursi. Cara ini bisa mencegah timbulnya kram dan nyeri  ketika duduk terlalu lama. Nah, saat berdiri, kamu dapat melakukan peregangan tubuh.

Itulah kelima tips yang bisa kamu terapkan supaya bisa nyaman saat bekerja. Dapatkan harga meja kantor dan perlengkapan kerja lainnya mulai dari Rp1 jutaan hanya di ruparupa.com!

Situs belanja online ini juga menawarkan berbagai perabot rumah tangga lainnya dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Informa Electronics, Informa Sleep, Pendopo, Toys Kingdom, Ataru, Krisbow, Pet Kingdom, Selma, Susen, Chatime, Ashley, Eyesoul, dan masih banyak lagi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas