Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Populer untuk Perhiasan Wanita, Ini Perbedaan 4 Jenis Emas yang Perlu Kamu Tahu!

4 jenis emas yang perlu dipertimbangkan dalam membeli perhiasan emas yaitu Plain Gold dengan kadar 24 Karat, Yellow Gold, White Gold, dan Rose Gold.

zoom-in Populer untuk Perhiasan Wanita, Ini Perbedaan 4 Jenis Emas yang Perlu Kamu Tahu!
Shutterstock
Terdapat empat jenis emas yang perlu dipertimbangkan dalam membeli perhiasan emas yaitu Plain Gold dengan kadar 24 Karat, Yellow Gold, White Gold (Emas Putih), dan Rose Gold (Emas Merah). 

TRIBUNNEWS.COM - Perhiasan menjadi salah satu fashion item untuk menunjang penampilan wanita sehingga tampil lebih cantik dan percaya diri. Selain perhiasan berlian, perhiasan emas juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melengkapi OOTD kamu di berbagai  kesempatan.

Dalam memilih perhiasan wanita, salah satu yang perlu dipertimbangkan adalah kadar karat yang digunakan pada emas di dalamnya. 

Kamu mungkin pernah mendengar tentang emas murni dengan kadar 24 karat, yellow gold, white gold, dan rose gold, karena keempatnya memang menjadi pilihan yang paling populer untuk perhiasan wanita.

Nah, keempat jenis emas tersebut memiliki kadar karat yang beragam, karena tingkat kemurniannya pun berbeda-beda pula. Bahkan, beberapa di antaranya merupakan emas yang dipadukan dengan bahan logam lain. 

Lalu, manakah jenis emas terbaik untuk perhiasan wanita? Yuk, simak pembahasannya!

Perbedaan kadar karat emas

Kadar karat emas menjadi salah satu perbedaan mendasar antara plain gold 24 karat dengan  yellow gold, white gold, dan rose gold. Perlu diketahui, kadar karat pada emas merupakan satuan untuk mengukur kadar atau kandungan emas murni pada perhiasan, yaitu mulai dari 1K (1 karat) hingga 24K (24 karat).

BERITA TERKAIT

Jenis emas murni memiliki kadar sebesar 24 karat dengan persentase kemurnian mencapai 99,9 persen. Namun, ternyata kadar emas yang terlalu tinggi justru dinilai tidak pas untuk digunakan sebagai perhiasan wanita, lho!

Hal ini dikarenakan logam emas memiliki sifat yang unik. Makin tinggi kadar kemurniannya, maka akan makin lunak pula logamnya. Untuk itu, kadar karat perhiasan emas umumnya hanya mencapai 9k, 10k, 14k, 18k, dan 22k.

Nah, sementara itu yellow gold, white gold, dan rose gold merupakan emas murni yang dicampur dengan logam lain, sehingga kadar karatnya menurun dan menyesuaikan dengan perbandingan yang digunakan. 

Campuran emas murni dengan logam lain ini dapat menghasilkan perhiasan yang lebih kuat dan tahan lama, serta menghasilkan warna yang berbeda.

Adapun salah satu yang populer untuk perhiasan wanita adalah yellow gold, yaitu emas murni yang dicampur dengan perak murni dengan perbandingan tertentu. 

Lalu, ada juga white gold yang terbuat dari campuran emas murni, timah sari, perak murni, dan nikel. 

Jenis campuran emas lain yang juga populer adalah rose gold, yang memiliki warna unik dan cantik terbuat dari emas murni yang dicampur dengan tembaga.

Baca juga: Tertarik dengan Perhiasan Wanita? Ketahui Dulu Bedanya Karat Emas dan Carat Berlian!

Emas terbaik untuk perhiasanmu 

Dari keempat jenis emas yang populer untuk perhiasan, kadar emas yang paling ideal adalah emas 18 karat dengan persentase kemurnian 75 persen. Kadar karat ini mengandung kemurnian emas yang tidak terlalu tinggi dan dalam proses pembuatannya sudah dicampur dengan bahan lain.

Sementara untuk varian atau jenisnya, kamu bebas memilih sesuai dengan preferensi dan kepribadianmu. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikannya dengan style pribadi, warna outfit yang kamu kenakan, ataupun undertone kulitmu! 

Yang tak kalah penting, pastikan kamu membeli perhiasan emas maupun berlian dari gerai terpercaya, seperti The Palace Jeweler, yang mengusung tagline 3T, yaitu Therlengkap, Therjamin, dan Therjangkau. 

Di gerai perhiasan ini, kamu bisa merasakan pengalaman berbelanja yang unik dengan konsep ‘one stop shopping destination’ berkat ragam koleksi perhiasan #Therlengkap dengan pilihan yang beragam.

Harga perhiasan wanita di The Palace Jeweler pun #Therjangkau, namun kualitasnya tetap #Therjamin, dengan kadar 18 karat atau kandungan emas sebanyak 75,5 persen, sesuai dengan standar internasional dan standar nasional Indonesia (SNI), serta telah mendapatkan Sertifikasi SNI 8880:2020 pertama di Indonesia. 

Salah satu koleksi terbaru yang bisa kamu miliki adalah Perhiasan Berlian Ilusi Tennis yang terbuat dari emas 18K dengan paduan susunan berlian berkualitas tinggi H VS.

Koleksi ini menghadirkan perhiasan dengan keindahan yang timeless dan melambangkan ketekunan, keabadian, dan kekuatan. Terdapat 5 koleksi cincin berlian ilusi tennis, 2 liontin berlian ilusi tennis, serta 1 bracelet berlian ilusi tennis yang bisa kamu miliki dari koleksi ini.

The Palace Jeweler juga memiliki lini Frank Gold yang cocok dipadupadankan untuk kegiatan sehari-hari maupun acara formal. Perhiasan emas ini terbuat dari material premium, memiliki desain Italia yang edgy dan esensial dengan sentuhan modern.

Sesuai dengan tagline ‘Therjangkau’nya, gerai perhiasan ini juga memiliki koleksi perhiasan dengan harga terjangkau, yaitu Moela Collection yang ditawarkan mulai dari harga Rp 888 ribu, dengan desain kekinian, simple dan timeless.

Tak hanya itu,  koleksi NUSANTARA yang merupakan hasil kolaborasi dengan maestro fashion designer Indonesia, Samuel Wattimena juga bisa menjadi perhiasan pilihanmu. Koleksi NUSANTARA yang terbagi menjadi seri Nusa, seri Anta, dan seri Tara ini merepresentasikan budaya lokal dari daerah Indonesia. Menarik, bukan?

Tak kalah indah, koleksi Kekaseh yang berkolaborasi dengan desainer kenamaan Anne Avantie, juga bisa melengkapi penampilan ataupun menjadi inspirasi hadiah untuk orang terkasih. Koleksi yang terinspirasi dari keistimewaan serta kesucian sebuah pernikahan ini terdiri dari enam pilihan model yang cantik.

Seluruh perhiasan berlian dan emas tersebut bisa kamu dapatkan di The Palace Jeweler, #NationalJeweler yang memiliki 60 gerai yang tersebar di Indonesia. Kamu juga bisa mengunjungi special jewelry exhibition dari The Palace Jeweler di Terminal 3 Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang telah digelar dari tanggal 5 April 2024.

Menariknya, desain booth pada special jewelry exhibition dari The Palace Jeweler ini sengaja dirancang dengan bentuk cincin yang unik. Tak hanya itu, di special jewelry exhibition ini, The Palace Jeweler juga menghadirkan banyak koleksi perhiasan emas dan berlian andalannya seperti Nusantara, Kasmaran, Kekaseh, hingga Moela.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang koleksi perhiasan berlian dan emas dari The Palace Jeweler, kunjungi gerai terdekat di kotamu atau follow akun Instagram @thepalace_id TikTok thepalacejeweler, dan kunjungi situs resmi The Palace Jeweler!

Penulis: Nurfina Fitri Melina | Editor: Anniza Kemala

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas