Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Sandiaga Ajak Ilustrator Lokal Monetisasi Karya Lewat Fesyen

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno Sandiaga mengajak para ilustrator lokal untuk bisa memonetisasi karya lewat fesyen.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Sandiaga Ajak Ilustrator Lokal Monetisasi Karya Lewat Fesyen
Tribunnews.com/Rina Ayu
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno Sandiaga hadir virtual dalam acara pembukaan pagelaran eksibisi seni di Pos Bloc Jakarta, Jumat (12/7/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno Sandiaga mengajak para ilustrator lokal untuk bisa memonetisasi karya lewat fesyen.

Pasalnya, di Indonesia banyak memiliki ilustrator lokal yang memiliki karya yang sangat bagus dan berpotensi menghasilkan secara ekonomi.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Menparekraf Sandiaga Uno Siapkan Sport Tourism 2025, Ini Daftarnya




Hal itu dia sampaikan dalam acara pembukaan Ter4si, pagelaran eksibisi seni pertama Sovlo (souvenir lokal) di Pos Bloc Jakarta, Jumat (12/7/2024).

"Saya secara pribadi sangat mengapresiasi karena Sovlo telah memberikan wadah serta ruang bagi para ilustrator lokal. Konsep Art You Can Wear yang diusung tidak hanya membawa seni lebih dekat ke masyarakat, tetapi juga memberikan kesempatan bagi para seniman untuk memonetisasi hasil karya mereka sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi kreatif kita”, ungkap Sandiaga.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno Sandiaga hadir virtual dalam acara pembukaan pagelaran eksibisi seni di Pos Bloc Jakarta, Jumat (12/7/2024).
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno Sandiaga hadir virtual dalam acara pembukaan pagelaran eksibisi seni di Pos Bloc Jakarta, Jumat (12/7/2024). (Tribunnews.com/Rina Ayu)

"Sesuai filosofi terasi sendiri, di mana terasi, sebagai penyedap rasa dalam masakan Indonesia, melambangkan bagaimana hal-hal sederhana dapat digabungkan untuk menciptakan sesuatu yang penuh makna dan kedalaman”, tambah dia.

Acara Ter4si ini merupakan puncak perayaan dari rangkaian acara ulang tahun Sovlo yang ke-4.

BERITA TERKAIT

"Kami berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang pameran, tetapi juga sebuah pengalaman yang mendalam bagi para pengunjung untuk mengeksplorasi dan mengapresiasi seni serta budaya Indonesia," ungkap Founder Sovlo, Lidya Valensia.

Seniman kenamaan Popo Mangun mengatakan, pentingnya kegiatan rutin seperti talk show sebagai ruang diskusi untuk ilustrator dan para pelaku industri kreatif sebagai pembelajaran bersama.

Dalam acara ini turut menyuguhkan “Experience the Art”, yakni Instalasi seni yang unik, aktivitas seni, kelas menggambar, dan kelas tari tradisional gratis untuk memperkaya pengalaman seni dan budaya.

Juga Trunk Show Koleksi dari Indonesia Cultural Heritage, sebuah peragaan busana yang memperkenalkan bagaimana karya seni dapat dijadikan bagian dari busana dan aksesori sehari-hari.

Para pengunjung dapat membeli koleksi “Art You Can Wear” hasil karya dari 48 illustrator lokal berupa Anniversary Limited Merchandise berupa tas dan pouch.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas