Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Jangan Salah Pilih Minuman Kolagen, Ini yang Perlu Diperhatikan

Konsumsi collagen drink atau minuman kolagen saat ini mejadi salah satu cara perawatan ‘beauty inside’ yang dipilih karena efek yang baik bagi kulit.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
zoom-in Jangan Salah Pilih Minuman Kolagen, Ini yang Perlu Diperhatikan
Istimewa
ILUSTRASI Minuman Kolagen - Mengonsumsi collagen drink atau minuman kolagen saat ini mejadi salah satu cara perawatan ‘beauty inside’ yang dipilih banyak kalangan sebab kolagen dapat memberikan berbagai efek yang sangat baik bagi kulit. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Berbagai cara dilakukan banyak orang untuk bisa memiliki kulit yang sehat dan awet muda. Tak hanya perawatan dari luar, tetapi juga perawatan kulit dari dalam.

Mengonsumsi collagen drink atau minuman kolagen saat ini mejadi salah satu cara perawatan ‘beauty inside’ yang dipilih banyak kalangan sebab kolagen dapat memberikan berbagai efek yang sangat baik bagi kulit.

Owner Noera Beauty Care, Reisha Novandita mengatakan, dalam memilih produk perawatan kulit, kita harus cermat memilih produk yang terjamin keamanannya.

Baca juga: Benarkah Minum Minuman Manis Picu Gagal Ginjal pada Anak?

"Jangan sampai terjerumus pada produk palsu yang dapat membahayakan tubuh, termasuk dalam memilih minuman kolagen," kata Reisa dalam keterangannya, Selasa (6/8/2024).

Selain, kata Reisha Novandita yang mengembangkan produk minuman kolagen noera collagen drink with birdnest and saffron extract mengatakan,  perlu melihat melihat bahan-bahan yang terkandung di dalam minuman kolagen terutama kandungan gula di dalamnya.

Menurut Kementerian Kesehatan, anjuran konsumsi gula setiap orang per hari adalah 10 persen dari total energi (200kkal) yang artinya konsumsi tersebut setara dengan gula sebanyak 4 sendok makan atau 50 gram gula per hari.

BERITA TERKAIT

"Penting diketahui bahwa kandungan gula dalam minuman kolagen sebenarnya merupakan musuh utama bagi kolagen itu sendiri," katanya.

Menurut para ahli, kata dia kandungan gula dalam minuman kolagen dapat merusak efektivitas kolagen tersebut.

"Gula akan membentuk senyawa AGEs (produk akhir glikasi lanjut) yang mengakibatkan serat kolagen menjadi kaku dan rapuh dan senyawa ini justru mempercepat degradasi kolagen yang menyebabkan kerutan dan gejala penuaan kulit," katanya.

Terkait produk minuman kolagen yang diproduksinya, Reisha  memiliki kandungan 3000 mg Tripeptide Salmon Collagen, L-gluthatione 350 mg, Vitamin C, Vitamin E, Premiks Vitamin, Niacinamide (Vitamin B3), Saffron Extract, Birdnest Extract, dan Korean Strawberry Extract/Japan Peach Extract/Watermelon Extract.

"Kandungan kolagen yang digunakan adalah Tripeptide yang terbukti 3 kali lebih cepat diserap daripada hydrolyzed collagen yang membantu meningkatkan elastisitas serta kekenyalan kulit, membantu mengurangi kerutan, garis halus, dan memperbaiki tekstur kulit, serta mendukung pertumbuhan rambut yang kuat dan tulang dan kuku yang lebih sehat," katanya. 

Sedangkan, L-glutathione bermanfaat untuk mencerahkan kulit, membantu mengurangi masalah kulit seperti bintik-bintik gelap, bekas jerawat, flek dan hiperpigmentasi, serta menjadikan kulit lebih cerah dan glowing dari dalam.

Reisha menambahkan, dirinya  akan terus mengembangkan kedua produknya yang telah  terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta tersertifikasi halal.

Ia menceritakan inspirasi membangun Noera dengan visi memberikan produk kecantikan dan kesehatan yang terbaik untuk konsumen setelah pergi ke Thailand.

“Awalnya aku suka travelling dan open jastip (jasa penitipan) ke Thailand. Di sana aku melihat produk kecantikan dan kesehatan cukup berkembang. Hal ini menjadi inspirasi," katanya.(Eko Sutriyanto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas