Tribun

Bursa Capres

Pengamat: Nasdem Harus Mendorong PKS & Demokrat Ikut Dukung Anies Baswedan Bakal Capres 2024

Partai NasDem harus mendorong PKS dan Partai Demokrat untuk menyatakan suara yang sama dalam mendukung Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Pengamat: Nasdem Harus Mendorong PKS & Demokrat Ikut Dukung Anies Baswedan Bakal Capres 2024
Kolase Tribunnews.com (Tribunnews.com/Mario Christian Sumampow, Irwan Rismawan)
Pengamat Politik dari Citra Insitute Efriza mengatakan Partai NasDem harus mendorong Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat untuk menyatakan suara yang sama dalam mendukung Gubernur Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Politik dari Citra Insitute Efriza mengatakan Partai NasDem harus mendorong Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat untuk menyatakan suara yang sama dalam mendukung Gubernur Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024.

Selain koalisi semakin mudah terbentuk, upaya kesamaan dukungan disebut Efriza bakal mendongkrak eletabilitas partai besutan Surya Paloh ini.

Baca juga: Sinyal PKS dan Demokrat Setelah NasDem Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024

"Nasdem sudah semestinya mengajak calon mitra koalisinya melakukan keputusan yang sama, sehingga koalisi akan mudah terbentuk," ujar Efriza, Selasa(4/10/2022).

"NasDem harus mendorong PKS juga melakukan menyatakan mendukung Anies Baswedan. Dan, begitu juga Partai Demokrat," tambahnya.

Lebih lanjut, Dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Sutomo ini menjelaskan dideklarasikannya Anies sebagai capres oleh NasDem, secara tidak langsung telah merebut Anies yang selama ini diidentikkan dari PKS.

Sehingga hal ini memudahkan Anies untuk bergerak, apalagi di sisa akhir jabatannya.

Diketahui, Anies baru saja dideklaraiskan sebagai calon presiden untuk Pemilu 2024 mendatang oleh Partai NasDem, Senin (3/10/2022).

Usai deklarasi, di hari yang sama Partai Demokrat dan PKS langsung angkat bicara ihwal dukungan mereka terhadap keputusan NasDem.

Baca juga: Bukan Anies, Wagub DKI Tetap Pilih Prabowo Subianto Jadi Capres: Itu kan Bos Saya, Ketua Umum Saya

Kepala Badan Komunikasi Strategi Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebutkan rekam jejak Anies memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang diperjuangkan oleh Partai Demokrat.

"Demokrat menyambut baik langkah Nasdem yang hari ini menetapkan Anies Baswedan sebagai capres dari Partai Nasdem untuk Pilpres 2024," ujar Herzaky kepada awak media di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat.

PKS pun senada, menurut Presiden PKS Ahmad Syaikhu figur Anies merupakan tokoh Nasional yang memiliki rekam jejak kepemimpinan yang baik.

Selain itu Anies juga berjiwa religius dan memiliki kapasitas untuk memimpin bangsa

"PKS menyambut baik keputusan Partai Nasdem yang telah memilih Anies Rasyid Baswedan dari tiga kandidat hasil Rakernas Partai Nasdem sebelumnya," ucap Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam keterangannya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas