Tribun

Bursa Capres

Demokrat Sebut Lima Kriteria Capres dan Cawapres 2024, di Antaranya Chemistry dan Elektabilitas

Herzaky Mahendra Putra mengatakan bahwa partai Demokrat memiliki lima kriteria capres dan cawapres untuk kontestasi pilpres 2024 mendatang.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Demokrat Sebut Lima Kriteria Capres dan Cawapres 2024, di Antaranya Chemistry dan Elektabilitas
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono berjabat tangan dengan Anies Baswedan usai pertemuan tertutup di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10/2022). Kedatangan Anies Baswedan ke Partai Demokrat tersebut sebagai ajang silaturhami dan safari politik. Herzaky Mahendra Putra mengatakan bahwa partai Demokrat memiliki lima kriteria capres dan cawapres untuk kontestasi pilpres 2024 mendatang. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rahmat W. Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan bahwa partainya memiliki lima kriteria capres dan cawapres untuk kontestasi pilpres 2024 mendatang.

Menurut Herzaky Mahendra Putra seperti apa yang disampaikan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kelima kriteria itu di antaranya chemistry dan elektabilitas.

"Kalau bicara mengenai kriteria kalau dari Demokrat jelas sejak awal dari Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat AHY sudah menyampaikan ada lima hal mengenai capres dan cawapres," kata Herzaky Mahendra Putra kepada Tribunnews, Senin (31/10/2022).

"Pertama punya integritas, kapabilitas, elektabilitas. Kemudian chemistry satu sama lain mendukung dan melengkapi, terakhir memiliki semangat yang sama untuk memperjuangkan perjuangan dan perbaikan," sambungnya.

Kemudian dikatakan Zaky bahwa secara elektabilitas Anies Baswedan calon presiden yang dideklarasikan mitra koalisi Partai NasDem sudah cukup tinggi.

Diharapkan juga untuk wakilnya memiliki elektabilitas yang sama.

"Kalau kita bicara mengenai elektabilitas serupa mengenai kriteria yang disampaikan Anies Baswedan. Sebagai capres Anies Baswedan sudah punya elektabilitas yang tinggi harapannya cawapres juga memiliki elektabilitas yang sama. Jadi bisa saling mendukung," ungkapnya.

Kata Zaky, Anies Baswedan juga menyebutkan pasangnya nanti diharapkan memiliki kontribusi antar koalisi.

"Kemudian Anies Baswedan juga menyebutkan cawapres memiliki kontribusi antar koalisi. Bisa membawa koalisi ini stabil. Nah ini sejalan juga dengan apa yang kami sampaikan untuk bisa saling melengkapi," tambahnya.

Baca juga: 5 Alasan PKS Usulkan Ahmad Heryawan Jadi Cawapres Anies Baswedan di Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Demokrat, agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat menerima kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kantor DPP Partai Demokrat, Jumat (7/10/2022) pagi.
Ketua Umum Partai Demokrat, agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat menerima kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kantor DPP Partai Demokrat, Jumat (7/10/2022) pagi. (Partai Demokrat)

Terakhir menurut Zaky bahwa Anies Baswedan menyebutkan pasangnya nanti saat berada di pemerintahan juga bisa ikut memperkuat.

"Hal itu juga sama persis seperti yang kami sampaikan bahwa di pemerintahan saling memperkuat dan melengkapi," tutupnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas