Tribun

Bursa Capres

Partai NasDem Tidak Memiliki Kriteria Dalam Menentukan Cawapres Pendamping Anies Baswedan

Ahmad Ali, mengatakan tidak ada kriteria dari NasDem perihal calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Editor: Adi Suhendi
zoom-in Partai NasDem Tidak Memiliki Kriteria Dalam Menentukan Cawapres Pendamping Anies Baswedan
Tribunnews.com/ Ibriza Fasti Ifhami
Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP partai NasDem, Ahmad Ali dan calon Presiden dari partai NasDem, Anies Baswedan, saat menghadiri deklarasi relawan IndonesiAnies, di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2022) malam. 

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP partai NasDem, Ahmad Ali, mengatakan tidak ada kriteria dari NasDem perihal calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Hal tersebut disampaikan Ahmad Ali, usai menghadiri deklarasi relawan IndonesiAnies, di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2022) malam.

"Tidak ada (kriteria)," kata Ahmad Ali, kepada para awak media, Rabu.

Ali menuturkan, Partai NasDem memberikan kebebasan kepada Anies Baswedan dalam menentukan siapa sosok yang akan menjadi pasangannya di Pilpres 2024.

"Biarkan Anies menentukan calon wapresnya sendiri," ujarnya.

Baca juga: Ahmad Ali: NasDem Tidak Tenggelam Karena Orang-orang yang Tak Suka Anies Baswedan

Ali menjelaskan, partai NasDem dibentuk bukan untuk kepentingan satu pihak, melainkan untuk kepentingan bangsa Indonesia.

"Jadi kita memang partai ini dibentuk dan dibesarkan, dilahirkan oleh Surya Paloh bukan untuk kepentingan dirinya, tapi untuk kepentingan bangsa ini," jelas Ali.

Karena itu, Ali menegaskan, partai NasDem tidak memiliki batasan atau kriteria tertentu dalam menentukan calon pemimpin yang diusungnya.

Baca juga: Ahmad Ali Bantah NasDem Bakal Tenggelam Setelah Dukung Anies Baswedan Sebagai Capres

"Jadi kami tidak ada batas psikologi untuk menentukan calon pemimpin," tutur Ahmad Ali.

Sebelumnya, calon Presiden (Capres) yang dideklarasikan partai Nasdem, Anies Baswedan, angkat bicara terkait calon wakil Presiden (Cawapres) yang akan mendampinginya di Pilpres 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Anies Baswedan usai meresmikan relawan IndonesiAnies, di gedung Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Anies Baswedan belum menjelaskan perihal siapa sosok yang akan mendampinginya di Pilpres 2024 mendatang.

Baca juga: Isu PKS Ditawari Posisi Menteri untuk Tarik Dukungan ke Anies, NasDem: Narasi Degradasikan Kekuasaan

Anies mengatakan, terkait nama yang akan menjadi Cawapres pasti akan diumumkan ke publik nantinya.

"Ya, pada saat ini kita semua sadar penentuan nama itu pada waktunya nanti akan muncul," kata Anies Baswedan, di Jakarta, Rabu.

Anies menuturkan, saat ini biarkan proses yang tengah dilakukan koalisi berjalan terlebih dahulu.

"Sekarang biarkan proses koalisi itu berjalan dulu, nanti dari situ kita berbicara tentang nama," ujarnya.

Kemudian, dalam memilih Cawapres, Eks Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan kembali ada tiga kriteria yang harus dimiliki calon pasangannya.

"Satu, membantu pemenangan. Kedua, membantu stabilitas koalisi. Ketiga, efektivitas pemerintahan," tegas Anies Baswedan.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas