Tribun

Bursa Capres

Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Teratas, Lebih Unggul dari Prabowo dan Anies Baswedan

Hasil survei SMRC November 2022 menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo lebih unggul dibandingkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
zoom-in Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Teratas, Lebih Unggul dari Prabowo dan Anies Baswedan
Kolase Tribunnews.com (Tribunnews.com-Kompas)
Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terbaru November 2022, menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kanan), lebih unggul dari Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto (tengah), dan calon presiden 2024 pilihan NasDem, Anies Baswedan (kiri). 

TRIBUNNEWS.COM - Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terbaru menunjukkan sejumlah nama yang memiliki dukungan teratas jika pemilihan presiden (Pilpres) dilakukan sekarang.

Dalam survei semi terbuka ini, koresponden memilih sosok Ganjar Pranowo hingga Ketua DPR RI, Puan Maharani, sebagai Presiden. 

Dari 45 nama yang dipilih, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memiliki elektabilitas tertinggi.

Nama Ganjar lebih unggul dari Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, dan calon presiden 2024 pilihan NasDem, Anies Baswedan.

"Ada tiga nama yang mendapat dukungan teratas. Ganjar Pranowo di posisi paling atas, 26,7 persen," kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, dikutip Tribunnews.com dari kanal YouTube SMRC TV, Senin (28/11/2022).

"Di bawah nama Ganjar, ada nama Prabowo Subianto yang memiliki elektabilitas sebesar 18,8 persen dan Anies Baswedan sebanyak 17 persen," lanjutnya.

Baca juga: Partai Demokrat Kritik Jokowi yang Bahas Capres di Tengah Bencana: Memangnya Musim Kampanye

Menurutnya, tiga tokoh itu merupakan nama yang memiliki tingkat kepopuleran tertinggi dari survei semi terbuka pada November 2022 ini.

Adapun jarak perolehan dukungan terhadap Ganjar dan Prabowo ini berbeda signifikan.

"Secara statistik ini jarakya signifikan ya," kata Deni.

Sementara itu, antara Anies dan Prabowo tak jauh berbeda.

"Antara Anies dengan Prabowo ini tidak beda signifikan, artinya tidak bisa disimpulkan mana yang lebih kuat dalam simulasi 45 nama semi terbuka ini," jelas Deni.

Lebih lanjut, Deni menjelaskan, ada nama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di posisi empat yang elektabilitasnya sebanyak 3,7 persen.

Disusul, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dengan elektabilitas 2,1 persen.

Diketahui, survei SMRC dilakukan secara tatap muka kepada 1.220 responden warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum pada 5-13 November 2022.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas