Tribun

Bursa Capres

Respons PAN Sikapi Sejumlah Kader di Riau Deklarasi Anies Capres: Usulan Pribadi, Tak Wakili Partai

Tujuh kader PAN Provinsi Riau mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden atau Capres 2024.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Respons PAN Sikapi Sejumlah Kader di Riau Deklarasi Anies Capres: Usulan Pribadi, Tak Wakili Partai
WARTA KOTA/WARTA KOTA/ABN
Relawan Laskar Angkatan Muda Anies Baswedan (Laskar AMAN) menunjukan baju dukungan saat Deklarasi di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (4/12/2022). Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN Irvan Herman Abdullah menegaskan yang dilakukan 7 kader PAN Rau mendukung Anies Baswedan adalah usulan pribadi tak mewakili partai. 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tujuh kader PAN Provinsi Riau mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden atau Capres 2024.

Dukungan tersebut mereka sampaikan saat menyambut kedatangan Anies Baswedan di Pekanbaru, Riau.

Mengenakan jas dan penutup kepala bernama tanjak warna biru berlogo PAN, mereka mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sambil membentangkan spanduk yang memampang wajah eks Gubernur DKI jakarta tersebut.

Menanggapi hal ini, Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN Irvan Herman Abdullah menegaskan bahwa yang dilakukan 7 kader PAN tersebut adalah usulan pribadi dan sama sekali tak mewakili partai.

"Apa yang dilakukan Zulmizan dan teman-teman yakni menyatakan dukungan terhadap Anies Baswedan di Acara partai NasDem Riau adalah usulan pribadi, tidak ada sangkut pautnya dengan DPW PAN Riau," kata Irvan kepada wartawan, Senin (5/12/2022).

Baca juga: Dapat Dukungan, NasDem Yakin Anies Baswedan Menang di Sumatera Barat pada Pilpres 2024

Menurutnya selama hal itu bersifat usulan pribadi dan tak mengatasnamakan PAN Riau, maka partai tak melarang.

"Selama usulan pribadi silakan saja, dan ini bukan deklarasi ya. Harus dicatat, bukan deklarasi DPW PAN Riau," jelas dia.

Herman memastikan bahwa DPW PAN Riau telah menyatakan bahwa keputusan capres-cawapres ada di tangan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Baca juga: Anies Baswedan Cerita di LKAAM Sumbar: Sejak Kecil Baca Tokoh Minang, Saat Kuliah ke Sumbar Sendiri

Dia juga menegaskan bahwa yang terjadi di Riau berbeda dengan Jawa Tengah. Deklarasi kader PAN Riau adalah atas nama pribadi, sedangkan dukungan DPW PAN Jateng terhadap Ganjar Pranowo merupakan usulan resmi partai.

"Jangan disamakan dengan deklarasi Jateng, di Jateng keputusan resmi Ketua DPW PAN Jateng. Beda dengan Riau yang mana Ketua DPW PAN Riau Alfedri saja tidak ada di situ," kata Herman.

Zulhas sebut Ganjar pantas jadi Capres PAN

Sebelumnya Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan Ganjar Pranowo pantas dicalonkan partainya jadi calon presiden (capres) pada 2024.

Hal itu merespons usulan DPW PAN Jawa Tengah untuk mencalonkan Ganjar sebagai capres PAN di Pilpres 2024 lewat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas