Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sudirman Said: Koalisi Pengusung Anies Baswedan Semakin Solid

Sudirman Said mengatakan pertemuan ketiga partai politik (parpol) tersebut menunjukan bahwa koalisi pengusung Anies Baswedan semakin solid.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Sudirman Said: Koalisi Pengusung Anies Baswedan Semakin Solid
Fersianus Waku
Sudirman Said di Pendopo Anies Baswedan, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2023). Ia mengatakan pertemuan ketiga partai politik (parpol) tersebut menunjukan bahwa koalisi pengusung Anies Baswedan semakin solid. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim kecil Koalisi Perubahan yang beranggotakan Partai NasDem, Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kembali bertemu di Pendopo Anies Baswedan, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2023).

Sudirman Said, utusan Anies Baswedan di tim kecil Koalisi Perubahan mengatakan pertemuan ketiga partai politik (parpol) tersebut menunjukan bahwa koalisi pengusung Anies semakin solid.

Sudirman Said mengapresiasi langkah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang menyatakan dukungan kepada Anies sebagai capres 2024.

“Tentu yang paling baru kita ketahui bahwa kemarin Ketum Demokrat AHY telah mengeluarkan rilis resmi mendukung pencalonan Bapak Anies Baswedan itu sebagai progres karena dengan begitu kita sudah mendekati 20 persen tinggal 1 lagi insya Allah teman dari PKS menyusul," kata Sudirman Said di lokasi.

Sudirman Said menjelaskan ketiga partai yakni NasDem, Demokrat, dan PKS bersepakat memberi kepercayaan kepada Anies Baswedan untuk memilih calon pasangannya.

Baca juga: PKS Pastikan Dukung Anies Baswedan Capres 2024 Meski Belum Deklarasi

“Ini semua merupakan dinamika yang patut disyukuri,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI

Dalam kesempatan itu, Anies mengatakan obrolan rutin antara ketiga parpol tersebut suasananya semakin solid.

"Ini adalah obrolan rutin yang berlangsung terus menerus, banyak hal yang dibicarakan terkait beberapa update, suasananya guyub, suasananya makin solid, dan suasana siap untuk bergerak bersama,” ucap Anies.

Senada dengan Said, Sekjen DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya berharap PKS segera mendeklarasikan dukungan ke Anies.

Baca juga: Di Balik Ajakan Demokrat ke NasDem dan PKS untuk Berkoalisi, Pengamat: AHY Ingin jadi Cawapres Anies

Sehingga, kata dia, harapannya akan membentuk simpatisan baik di level partai maupun grassroot

“Alhamdulillah Ketum (AHY) menyampaikan posisinya secara terang benderang terkait mengusung Pak Anies, harapan kami 3 partai segera menandatangani dukungan untuk Pak Anies, ini terus kami dorong karena deklarasi 20 persen sehingga bisa segera diglorifikasi rakyat yang mendukung perubahan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman juga mengapresiasi langkah dari Partai Demokrat dan sampai saat ini pihaknya sedang dalam untuk mematangkan dukungan melalui proses internal partai.

Baca juga: Demokrat Resmi Dukung Anies Baswedan, PKS Masih Tunggu Musyawarah Majelis Syuro

“Saya apresiasi kepada partai Demokrat yang ketumnya sudah menyampaikan sikap dukungan terhadap Pak Anies, seperti sudah disampaikan itu masalah deklarasi partai per partai tergantung proses internal masing-masing partai dan kami menghormati hak tersebut," tuturnya.

Sohibul pun memastikan jika PKS akan mendukung Anies sebagai capres di 2024.

“Saya pastikan PKS dukung Pak Anies karena saya terus di tim kecil ini dan saya merupakan utusan resmi partai, jadi kalau saya terlibat di tim ini maka artinya kami tetap mendukung pak Anies,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut tim kecil juga bersepakat untuk mempersiapkan deklarasi bersama pada waktunya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas