Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Elektabilitas Prabowo Menguat Setelah Di-endorse Jokowi

Peneliti Senior IPS Alfin Sugianto menyebutkan elektabilitas Prabowo dalam beberapa bulan terakhir menunjukkan tren semakin menguat.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Elektabilitas Prabowo Menguat Setelah Di-endorse Jokowi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko WidodoIJokowi) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai mengadakan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com,  Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto punya peluang besar untuk memenangkan Pilpres 2024 mendatang berdasarkan hasil dari survei Indonesia Polling Stations (IPS).

Peneliti Senior IPS Alfin Sugianto menyebutkan elektabilitas Prabowo dalam beberapa bulan terakhir menunjukkan tren semakin menguat.

Pada survei IPS bulan Februari 2023 ini Prabowo telah menyentuh angka 33,1 persen.

Pada saat yang sama elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan terus terpaku di angka 20-an persen.

Baca juga: Bahas Capres-Cawapres, Prabowo-Cak Imin Segera Bertemu

Alfin menjelaskan ada beberapa faktor yang jadi penyebab elektabilitas Prabowo terus menguat dan tetap bercokol di posisi teratas papan survei.

“Berbagai pergerakan dilakukan Prabowo seperti mulai sering terjun ke masyarakat, aktif melakukan komunikasi politik dengan sejumlah tokoh,” kata Alfin dalam konferensi pers IPS, Selasa (28/2/203).

BERITA TERKAIT

“Serta kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan RI yang terus mendapatkan apresiasi publik luas, merupakan beberapa faktor utama yang menyebabkan,” sambungnya.

Faktor lain yang turut berkontribusi signifikan terhadap adalah semakin eksplisitnya endorsement (dukungan) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap pencapresan Prabowo.

“Ini pada gilirannya diikuti oleh para pendukung setia Jokowi pada Pilpres 2014 dan 2019 menjatuhkan pilihan pada Prabowo,” tuturnya.

Alfin menjelaskan dari hasil survei yang berlangsung dari tanggal 15 sampai dengan 24 Februari 2023 di 34 provinsi ini, nama Prabowo Subianto masih berada dalam top of mind publik sebesar 30, 2 persen.

“Secara spontan 30,2 persen responden menyebut nama Prabowo ketika ditanya siapa tokoh yang paling layak menggantikan Jokowi sebagai Presiden RI 2024-2029,” jelasnya.

Kemudian Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan juga masuk dalam top of mind publik yang cukup signifikan, masing-masing 19,8 persen dan 19,4 persen.

“Kemudian, sebanyak 3,4 persen masyarakat menyebut nama-nama lain seperti Tri Rismaharini, Mahfud MD, Andika Perkasa, Khofifah dan sebagainya. Sementara 3,4 persen responden menjawab tidak tahu,” tutur Alfin.

Survei IPS dilakukan tanggal 15 sampai dengan 24 Februari 2023 di 34 provinsi Indonesia.

Populasi survei IPS kali ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun atau telah memiliki KTP.

Jumlah sampel sebesar 1200 responden, dengan margin of error +/- 2,83 % dan tingkat kepercayaan 95 %.

Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan, serta 60 persen tinggal di pedesaan dan 40 persen di perkotaan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas