Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gerindra Dengar Kabar Partai Gelora Bakal Dukung Prabowo Subianto Jadi Capres

Sufmi Dasco mengungkapkan pihaknya mendengar Partai Gelora akan menyatakan dukungan untuk bergabung dalam KKIR mendukung Prabowo sebagai capres.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Gerindra Dengar Kabar Partai Gelora Bakal Dukung Prabowo Subianto Jadi Capres
Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat ditemui usai acara Konsolidasi Kader Gerindra se-Tangerang Raya, di Lapangan Ahmad Yani, Tangerang, Minggu (9/7/2023). Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengungkapkan bahwa pihaknya telah mendengar Partai Gelora yang akan menyatakan dukungan untuk bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengungkapkan bahwa pihaknya telah mendengar Partai Gelora yang akan menyatakan dukungan untuk bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

"Kami juga mendengar kemudian menerima juga aspirasi beberapa teman-teman dari partai politik yang menyatakan dukungannya bahkan akan melakukan deklarasi untuk mendukung Pak Prabowo Subianto sebagai calon presiden," kata Dasco di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (10/7/2023).

Namun, mengenai teknis dan waktu pelaksanaan deklarasi, Dasco menyerahkan hal tersebut kepada masing-masing partai politik untuk mengatur dan melaksanakannya.

"Mengenai teknis dan lain-lain mengenai waktu pelaksanaan deklarasi saya pikir itu nanti biar kita serahkan kepada masing-masing partai politik untuk melaksanakannya," ungkapnya.

Baca juga: Punya Kedekatan Ideologis, Partai Gelora Beri Sinyal Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Dalam hal kemungkinan bergabungnya partai politik lain ke dalam KKIR, Dasco menyatakan bahwa Partai Gerindra dan PKB telah melakukan komunikasi politik dengan partai-partai politik tersebut. 

Hingga saat ini, belum ada kepastian mengenai partai-partai mana yang akan bergabung. Dasco menyatakan bahwa mereka masih menunggu konfirmasi lebih lanjut.

"Kami melakukan evaluasi terhadap perkembangan tersebut dan membahas kemungkinan-kemungkinan di internal partai," tukas Dasco. 

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Ketua Umum (ketum) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta mengatakan, partainya punya kedekatan ideologi dengan Ketum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto.

"Secara umum memang ada kedekatan ideologi dengan Pak Prabowo," kata Anis Matta dalam keterangannya, Sabtu (8/7/2023)

Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora Indonesia) Anis Matta dalam diskusi Gelora Talks bertajuk Kasak-Kusuk Politik Aji Mumpung 2024: Bagaimana Sikap Presiden? pada Rabu (18/5/2022).
Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora Indonesia) Anis Matta dalam diskusi Gelora Talks bertajuk Kasak-Kusuk Politik Aji Mumpung 2024: Bagaimana Sikap Presiden? pada Rabu (18/5/2022). (Kanal Youtube geloraTV)

Anis Matta menjelaskan Gelora selama ini memiliki semangat politik di mana narasinya senada dengan yang kerap digaungkan Prabowo, yakni menginginkan Indonesia menjadi 'Macan Asia'.

Lebih lanjut, ia menjelaskan Gelora selama ini memiliki semangat politik bernama 'Arah Baru Indonesia' dan ingin menjadikan 'Indonesia Superpower Baru' atau lima besar dunia kekuatan global baru setelah Amerika Serikat, Uni Eropa, Rusia dan China

"Narasi 'Macan Asia' dekat dengan narasi 'Indonesia Superpower Baru'," kata dia.

Meski demikian, Anis Matta mengatakan Gelora belum memutuskan secara resmi siapa calon presiden (capres) yang akan didukungnya sampai saat ini.

Anis Matta menekankan Gelora nantinya akan memperhatikan aspek kesamaan ideologis dengan calon kandidat ketika menentukan pilihan capres.

"Kedekatan ideologi itu salah satu pertimbangan utama Gelora menentukan capres," tambah dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas