Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Generasi Z Dukung Prabowo, Pengamat: Sebuah Lompatan yang Besar

Derasnya limpahan suara generasi z mendukung Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Generasi Z Dukung Prabowo, Pengamat: Sebuah Lompatan yang Besar
Istimewa
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertemu dua prajurit anak kecil yang turun serta menyambut kedatangannya di Koramil Mamajang, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, (13/7/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Derasnya limpahan suara generasi z mendukung Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 merupakan sebuah lompatan yang besar

Hal itu menandakan bahwa Menteri Pertahanan itu adalah capres pilihan bagi kalangan muda yang akan turut memilih pada Pemilu 2024 mendatang. 

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul mengatakan, generasi z banyak mendukung Prabowo pada Pilpres 2024 mendatang menandakan adanya pergeseran yang sangat besar.

Pilihan generasi z pada Prabowo untuk melanjutkan kerja-kerja pemerintahan Presiden Jokowi merupakan perubahan yang sangat pesat. 

“Gen Z memilih Prabowo sesuai survei Indikator saya kira ini sebuah lompatan yang besar,” kata Adib, ketika dihubungi wartawan Senin (24/7/2023). 

Prabowo secara mengejutkan berhasil menduduki peringkat pertama sebaga Capres yang banyak dipilih oleh kalangan muda.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia, menteri pertahanan andalan Presiden Jokowi itu berhasil menyisihkan Capres Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

BERITA REKOMENDASI

Pada periode survei yang dilakukan 20-24 Juni 2023 tersebut, Prabowo berhasil unggul dari Ganjar dan Anies. 

Dari survei yang melibatkan 1220 responden tersebut, Prabowo berhasil mengumpulkan dukungan sebesar 40,5 persen. 

Kemudian menyusul dibelakangnya ada Ganjar yang meraup suara sebesar 35,5 persen dan Anies yang hanya mampu mendulang suara sebesar 22,0 persen. 

Adib menambahkan, selain banyaknya limpahan dukungan yang diberikan generasi z kepada Prabowo, mereka juga melihat ketegasan yang ada di dalam figur Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra tersebut. 

Ketegasan yang dimiliki Prabowo dalam memimpin Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Partai Gerindra memang mencuri perhatian banyak pihak. Berkat ketegasan yang dimiliki oleh Prabowo, Partai Gerindra sukses menjadi salah satu partai tersolid menjelang Pilpres 2024. 

Oleh karena itu, generasi z dan milenial melihat di dalam diri Prabowo terdapat garis ketegasan yang mampu membuat Indonesia semakin kokoh di masa depan. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya limpahan dukungan yang diberikan kepada Capres dari Partai Gerindra tersebut.

Baca juga: Indikator Politik: Prabowo Capres Paling Banyak Dipilih Milenial dan Generasi Z

“Ketika ada tren memilih secara positif ya ada garis ketegasan yang dlihat oleh gen z,” tutur Adib.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas