Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua Umum PAN Tegaskan KIB Telah Bubar

Zulkifli Hasan mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sudah tidak ada lagi setelah partainya dan Golkar menyatakan mendukung Prabowo Subianto.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Ketua Umum PAN Tegaskan KIB Telah Bubar
Ist
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas). Zulkifli Hasan mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sudah tidak ada lagi setelah partainya dan Golkar menyatakan mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Menurutnya koalisi baru kini telah terbentuk antara Gerindra, PKB, Golkar, dan PAN. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sudah tidak ada lagi setelah partainya dan Golkar menyatakan mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.   

Menurutnya koalisi baru kini telah terbentuk antara Gerindra, PKB, Golkar, dan PAN.

"Sudah gak ada, sekarang gabung pakai nama baru kan? dengan koalisinya PAN dan PKB," ujar Zulkifli di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Bubarnya KIB menurut Zulkifli terjadi mengalir begitu saja, tanpa adanya acara formal. 

Ia hanya berkomunikasi melalui handphone dengan para Ketum Parpol yang sebelumnya berada di KIB.

"Hanya kontrakan saja," katanya.

Menurut Zulkifli, KIB telah melakukan diskusi panjang sebelum menyatakan dukungan kepada Prabowo

BERITA TERKAIT

Partainya sendiri telah melakukan kajian terlebih dahulu sebelum memutuskan arah politik di Pilpres 2024.

"Kita kan KIB, KIB diskusi panjang sama Pak Airlangga, melihat perkembangan survei- survei akhirnya KIB memutuskan bergabung dengan Pak Prabowo, katanya.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan berfoto bersama usai menandatangani kerjasama politik di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2023). Pada momen tersebut Golkar dan PAN resmi mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024. Deklarasi dukungan ini disampaikan langsung oleh Airlangga Hartarto dan Zulkifli Hasan di hadapan Prabowo dan Muhaimin Iskandar sebagai pembentuk KKIR yang dihadiri para elite partai politik. Tribunnews/Jeprima
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan berfoto bersama usai menandatangani kerjasama politik di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2023). Pada momen tersebut Golkar dan PAN resmi mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024. Deklarasi dukungan ini disampaikan langsung oleh Airlangga Hartarto dan Zulkifli Hasan di hadapan Prabowo dan Muhaimin Iskandar sebagai pembentuk KKIR yang dihadiri para elite partai politik. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Sementara itu terkait nama Cawapres yang akan diusulkan PAN kepada Prabowo, menurut Zulkifli akan dibicarakan lebih lanjut.

Pembicaraan di dalam koalisi sendiri sejauh ini masih seputar kerjasama politik yang dibangun menghadapi pesta demokrasi lima tahunan.

"Baru kemarin kan. Sekarang kerja dulu," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas