Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Bongkar Sederet Elite Politik yang Diduga Punya Ide Presiden 3 Periode dan Penundaan Pemilu

PDIP mengungkap sederet elite politik yang diduga mencuatkan ide penundaan Pemilu dan perpanjangan masa jabatan. Terdapat nama Luhut hingga Cak Imin.

Penulis: Jayanti TriUtami
Editor: Daryono
zoom-in PDIP Bongkar Sederet Elite Politik yang Diduga Punya Ide Presiden 3 Periode dan Penundaan Pemilu
Fersianus Waku
Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat. Terbaru, Djarot mengungkap sederet elite politik yang diduga memiliki ide penundaan pemilu dan presiden 3 periode. 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat membocorkan sederet elite politik yang mempunyai ide penundaan Pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Menurut Djarot, tidak hanya Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang memunculkan gagasan tersebut.

Ia secara terang-terangan menyinggung nama sejumlah menteri dan petinggi partai politik.




Sebagai informasi, Bahlil Lahadalia sempat menjadi sorotan setelah mengaku sebagai dalang di balik ide penundaan Pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Bahlil Lahadalia juga mengaku tidak diperintahkan oleh siapa pun untuk mengembuskan ide tersebut.

"Oh, ya bagus (kalau) termasuk idenya sendiri," sindir Djarot, dikutip dari Kompas.com, Selasa (31/10/2023).

Baca juga: Djarot PDIP Sebut Ada Sinyal Ridwan Kamil dan Khofifah Bersedia Gabung TPN Ganjar-Mahfud

Djarot secara terang-terangan menyinggung nama Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarives) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, serta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas.

BERITA TERKAIT

Ia meyakini, para elite politik tersebut telah diorganisir untuk menyuarakan gagasan perpanjangan masa jabatan dan penundaan Pemilu.

Karena itu, PDIP langsung menolak ketika gagasan tersebut dimunculkan.

"Pak Luhut, idenya sendiri, Pak Airlangga idenya sendiri, Pak Cak Imin, terus Zulhas. Idenya sendiri kok banyak banget?"

"Artinya apa? Terorganisir dengan rapih tapi statemen-statemen itu, itu juga kita cermati dan kami jaga. Selalu hasil kajian dari kami, itu kami sampaikan kepada pimpinan-pimpinan untuk dilakukan sidang," tandasnya.

Bahlil Lahadalia: Isu Penundaan Pemilu dan Presiden 3 Periode dari Saya

Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto memberikan kata sambutan pada acara Deklarasi dukungan Relawan Pemuda Penerus Negeri untuk pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Djakarta Theater, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (28/10/2023). Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran yakni Rosan Roeslani dan Menteri Investasi Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan mulai pelajar hingga orang tua sekaligus. Tribunnews/Jeprima
Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto memberikan kata sambutan pada acara Deklarasi dukungan Relawan Pemuda Penerus Negeri untuk pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Djakarta Theater, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (28/10/2023). Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran yakni Rosan Roeslani dan Menteri Investasi Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan mulai pelajar hingga orang tua sekaligus. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Baca juga: Profil Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi Akui jadi Orang Pertama Usulkan Jokowi Tiga Periode

Sebelumnya, Menteri Investasi l turut membahas soal isu penundaan Pemilu dan presiden tiga periode yang kembali mencuat.

Bahlil secara blak-blakan mengakui dirinya-lah yang pertama kali mencuatkan isu tersebut.

"Saya sampaikan ya, yang ngomong tentang isu penundaan Pemilu itu pertama namanya Bahlil Lahadalia, buka itu di semua media," ucap Bahlil dalam acara deklarasi dukungan dari organisasi Penerus Negeri kepada Prabowo-Gibran, Sabtu (28/10/2023).

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas