Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Benahi Sektor Pendidikan Indonesia, Ini Program Ganjar-Mahfud, Anies-Cak Imin, dan Prabowo-Gibran

Berikut program ketiga calon capres dan cawapres untuk pembenahan sektor pendidikan di Indonesia.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Benahi Sektor Pendidikan Indonesia, Ini Program Ganjar-Mahfud, Anies-Cak Imin, dan Prabowo-Gibran
TRIBUNNEWS
Kolase foto nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang telah ditetapkan oleh KPU, Selasa (14/11/2023). Berikut program ketiga calon capres dan cawapres untuk pembenahan sektor pendidikan di Indonesia. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Boy Agustinus menyampaikan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menaruh komitmen dalam pemberantasan kemiskinan di Indonesia.

Salah satu langkah yang dilakukan yakni lewat pembangunan sektor manusia yang berfokus pada menyiapkan generasi berkualitas. Hal ini dilakukan lewat program yang fokus dalam sektor pendidikan.




Adapun 5 program pendidikan dari pasangan Ganjar-Mahfud yang meliputi: wajib belajar 12 tahun gratis, satu keluarga miskin satu sarjana, penyejahteraan guru dan dosen, santri dan pesantren unggul lewat, serta integrasi pendidikan dan pelatihan vokasi-dunia usaha.

Baca juga: Adu Strategi Tim Sukses Anies-Cak Imin, Ganjar-Mahfud & Prabowo-Gibran terkait Bonus Demografi 2045

"Pembangunan manusia sejatinya berfokus pada sektor pendidikan. Program Wajib Sekolah Gratis selama 12 tahun dan inisiatif Satu Keluarga Miskin Satu Sarjana oleh Ganjar-Mahfud adalah bentuk nyata," kata Boy kepada wartawan, Selasa (21/11/2023).

Ganjar-Mahfud menilai pendidikan memegang peran utama dalam memajukan bangsa dan negara.

Pendidikan diarahkan untuk tidak hanya menghasilkan tenaga kerja, tetapi juga individu yang memiliki kepribadian yang bersih dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). Sehingga dapat menjaga moralitas di setiap lapisan masyarakat.

BERITA TERKAIT

"Selain perhatian terhadap yang terdidik (siswa/mahasiswa), kami juga memberikan perhatian serius pada pendidik (guru/dosen) yang sejahtera, berkualitas, dan kompeten.

Program Pendidikan 2 Paslon Lainnya

Sementara, program pendidikan dari pasangan calon presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, memiliki empat bagian mulai akses pendidikan berkeadilan, kualitas dan kesejahteraan guru beserta tenaga kependidikan, institusi pendidikan berbasis agama, dan keterjangkauan biaya pendidikan tinggi.

"Kunci utama memajukan pendidikan adalah dengan meningkatkan kualitas guru," kata Anies di Pos Bloc Jakarta, Sabtu (29/7/2023) lalu.

Baca juga: Adu Kuat Tim Hukum Pemenangan Ganjar-Mahfud vs Prabowo-Gibran vs Anies-Cak Imin, Ada Eks Jaksa Agung

Sedangkan program pendidikan dari pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, yakni membangun sekolah unggul terintegrasi di setiap kabupaten, menaikkan gaji ASN guru dan dosen, serta penguatan pendidikan sains dan teknologi juga digitalisasi yang menjadi prioritas.

"Pendidikan kunci lompatan kita untuk menjadi negara maju," kata Prabowo dalam acara dialog di Universitas Gadjah Mada (UGM) Selasa (19/9/2023).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas