Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPU Buka Opsi Debat Berikutnya Capres-Cawapres Pakai Podium

Sebelumnya, tidak ada podium dalam debat perdana capres pada Selasa (12/12/2023). Ketiga capres hanya berdiri di atas panggung tanpa ada properti.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in KPU Buka Opsi Debat Berikutnya Capres-Cawapres Pakai Podium
Tribunnews/JEPRIMA
Calon Presiden nomor urut 01 Anies Baswedan, 02 Prabowo Subianto dan 03 Ganjar Pranowo saling berjabat tangan usai mengikuti Debat Pertama Calon Presiden 2024 di Halaman Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023). Debat Perdana tersebut mengusut tema Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI membuka opsi untuk disediakannya podium dalam debat capres cawapres.

Rencana untuk menggunakan podium itu nantinya akan dibahas oleh KPU bersama pihak terkait dalam rapat untuk debat perdana cawapres yang bakal berlangsung pada Jumat (22/12/2023) mendatang.

“Apakah kebutuhannya ada podium, bisa saja kan itu muncul,” kata Anggota KPU RI August Mellaz saat dikonfirmasi, Jumat (15/12/2023).

Baca juga: Debat dengan Prabowo, Anies: Kami Sampaikan Fakta dan Berencana Lakukan Perubahan

Sebelumnya, tidak ada podium dalam debat perdana capres pada Selasa (12/12/2023). Ketiga capres hanya berdiri di atas panggung tanpa ada properti debat lainnya.

Namun untuk format debat berikutnya, Mellaz menegaskan tidak ada perubahan. Acara bakal berlangsung selama 150 menit dengan durasi debat 120 menit.

Baca juga: Nawawi Pomolango Kecewa Nonton Debat Capres, Anies Siap Diundang KPK untuk Sampaikan Gagasan

Masih sama seperti format debat capres, akan tetap ada enam segmen di mana para peserta bakal saling sanggah dalam empat segmen, yaitu: segmen 2,3,4 dan 5.

BERITA TERKAIT

Sementara pada segmen 1, khusus pemaparan visi dan misi. Serta segmen ke-6 kesempatan bagi setiap calon untuk menyampaikan pernyataan pamungkasnya

"Kemudian, format debat tidak mengalami perubahan. Jadi untuk debat kedua, nanti bisa diteruskan ketiga, keempat, kelima," ujarnya.

Sementara itu debat bagi cawapres ini bakal berlangsung di sebuah hotel di kawasan Jakarta.

"Untuk lokasi kita akan ketemu dengan pihak TV pool penyelenggaranya. Karena ada beberapa usulan. Di hotel, di Jakarta," tutur Mellaz. 

Debat akan diikuti oleh tiga cawapres yaitu dari nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan nomor urut 3 Mahfud MD. 

Baca juga: Elite PKB Sebut Cak Imin Siap Hadapi Debat Cawapres: Dimajukan Juga Siap Kita

Tema yang akan dibahas meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan. 

Sebelumnya, KPU telah menggelar debat perdana capres dengan tema meliputi Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga. Debat itu diikuti oleh Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas