Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahfud MD Bela Ganjar Soal Petani Kesulitan Dapatkan Pupuk 

Cawapres nomer urut tiga Mahfud MD bela capres Ganjar Pranowo soal sulitnya petani mendapatkan pupuk, menurut Mahfud MD pernyataan Ganjar sesuai fakta

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Mahfud MD Bela Ganjar Soal Petani Kesulitan Dapatkan Pupuk 
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menghadiri pertemuan dengan buruh tani dan nelayan di Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (14/12/2023). Dalam kunjungannya Ganjar Pranowo mendengar berbagai keluhan para buruh tani dan nelayan. Mahfud MD bela Ganjar Pranowo soal sulitnya petani mendapatkan pupuk, menurut Mahfud MD pernyataan Ganjar sesuai fakta. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Cawapres nomer urut tiga Mahfud MD bela capres Ganjar Pranowo soal sulitnya petani mendapatkan pupuk.

Menurut Mahfud MD bahwa pernyataan Ganjar Pranowo tersebut sesuai fakta. Bahwa kelangkaan pupuk tak hanya ada di Jawa Tengah.

"Tapi memang Pak Ganjar benar, pupuk di Jawa Tengah langka. Jawaban Pak Ganjar benar karena itu (Kelangkaan pupuk) bukan hanya di Jawa Tengah," kata Mahfud MD di Posko Tengku Umar, Jakarta Pusat, Kamis (14/12/2023) malam.

Mantan Ketua Hakim MK itu menyebutkan kelangkaan pupuk juga terjadi di NTT, Sumatera Utara, Papua dan provinsi lainnya.

"Berarti itu bukan kesalahan gubernur, melainkan kebijakan yang lebih berpusat. Jawabannya itu aja secara logika. Kenapa hanya Jawa Tengah yang ditanyakan di Papua juga dan wilayah lainnya," jelasnya.

Adapun terkait kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Pekalongan, Jawa Tengah untuk pantau kesedian pupuk petani, pasca debat capres.

Mahfud MD enggan berpikir itu merupakan pembelaan untuk capres Prabowo Subianto.

BERITA REKOMENDASI

"Terserah saja saya tidak mau berpikir pembelaan apa bukan. Presiden punya hak untuk melakukan kunjungan-kunjungan," tegasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau penanaman padi di Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu, (13/12/2023).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau penanaman padi di Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu, (13/12/2023). (sekretariat presiden)

Diketahui dalam debat capres perdana pada Selasa (12/12/2023). Capres Prabowo Subianto menanyakan soal kelangkaan pupuk di Jawa Tengah kepada capres Ganjar Pranowo.

Menjawab pertanyaan itu Ganjar mengklaim kelangkaan pupuk tak hanya ada di Jawa Tengah melainkan wilayah Indonesia lainnya.

Kemudian sehari setel debat capres. Presiden Jokowi diketahui langsung kunjungan kerja ke Jawa Tengah.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi menemui sejumlah petani untuk memantau kondisi pupuk di Pekalongan.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas