Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Saling Sindir Menteri Bahlil dan Ganjar Soal Siklus 10 Tahun Partai Berkuasa, Bagaimana Awalnya?

Hal ini bermula dari Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang menyindir soal partai berkuasa hanya bisa bertahan 10 tahun setelah itu berganti.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Saling Sindir Menteri Bahlil dan Ganjar Soal Siklus 10 Tahun Partai Berkuasa, Bagaimana Awalnya?
Kolase Tribunnews
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan calon presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, saling balas pernyataan terkait siklus partai berkuasa. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan calon presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, saling balas pernyataan terkait siklus partai berkuasa.

Hal ini bermula dari Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang menyindir soal partai berkuasa hanya bisa bertahan 10 tahun setelah itu berganti.

Kemudian, sindiran Bahlil itu dibalas oleh calon presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

Dalam acara Simposium Demokrasi dan Deklarasi Pemilu Damai Mahasiswa Indonesia, di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Sabtu (23/12/2023) lalu, Bahlil menyebut demokrasi membuat jabatan kepala daerah, anggota DPR, hingga presiden bisa diisi secara bergantian.

Selain itu, kata dia, tak ada partai politik yang bisa berkuasa selama lebih dari 10 tahun sejak Indonesia memasuki masa reformasi.

"PDIP berkuasa sudah hampir 10 tahun juga ini. Jadi hati-hati, ada silih bergantinya, kira-kira kan. Kalau kita sejarah dari reformasi, partai berkuasa 10 tahun, nanti berganti lagi," katanya.

Ia menjelaskan setelah reformasi 1998 hingga 2009, partai pemenang pemilihan umum (pemilu) selalu berganti, dari PDIP, Golkar, lalu Demokrat.

BERITA TERKAIT

Begitu juga jabatan presiden mulai dari Gus Dur, Megawati, hingga Susilo Bambang Yudhoyono yang menjabat dua periode atau 10 tahun.

"Demokrat bertahan hanya sampai 10 tahun, ganti lagi, kalau di era Orde Baru itu sampai 30 tahun Golkar berkuasa," ujarnya.

Bahlil menyebut SBY pun digantikan oleh Jokowi dan PDIP menjadi partai penguasa selama dua periode.

Berkaca dari sejarah yang ada, Bahlil mengingatkan bahwa bisa saja kekuasaan PDIP berakhir karena telah berkuasa selama 10 tahun.

"Sejarah dari reformasi, partai berkuasa 10 tahun, nanti berganti lagi. Partai berikutnya juga apakah akan bertahan 10 tahun? Wallahualam," imbuhnya.

Ganjar: Pak Bahlil orangnya unik

Pernyataan itu langsung ditanggapi Ganjar Pranowo.

Ganjar meminta Bahlil untuk menunggu hasil kontestasi Pilpres 2024 di tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas