Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prabowo Sebut Indonesia Bakal Impor 1,5 Juta Sapi Perah Untuk Program Susu Gratis Bagi Anak-anak

Prabowo Subianto menyebut Indonesia bakal impor 1,5 juta sapi perah demi memenuhi program bagi-bagi susu gratis untuk anak-anak.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Prabowo Sebut Indonesia Bakal Impor 1,5 Juta Sapi Perah Untuk Program Susu Gratis Bagi Anak-anak
Dokumentasi tim media Prabowo Subianto
Capres nomor urut dua Prabowo Subianto mengatakan bakal mengimpor 1,5 juta sapi perah dalam mendukung program susu gratis bagi anak-anak. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto menyebut Indonesia bakal impor 1,5 juta sapi perah demi memenuhi program bagi-bagi susu gratis untuk anak-anak jika menang Pilpres 2024.

Hal tersebut disampaikan Prabowo saat menjadi pembicara yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2024).




Prabowo mengatakan impor itu harus dilakukan demi bisa memenuhi produksi kebutuhan susu sapi perah untuk 82 juta anak Indonesia.
Dengan begitu, nantinya sapi itu bisa melahirkan menjadi 3 juta pada tahun kedua.

"Jadi kita mungkin harus impor satu juta atau 1,5 juta sapi, dalam dua tahun dia akan melahirkan, kita akan punya 3 juta. Kira-kira begitu strategi kita. Ini tidak instan tapi ada will-nya, ada kehendak," ucap Prabowo dalam sambutannya.

Menurutnya, Indonesia membutuhkan sekitar 40 juta liter setiap harinya.

Baca juga: Prabowo Jawab Kritik IKN Dibangun Pakai Uang Negara Fantastis: Jangan Termakan Brain Washing

Dari kebutuhan itu, nantinya negara membutuhkan sekitar minimal 2,5 juta sapi perah.

BERITA TERKAIT

"Kita butuh untuk kasih susu ke anak-anak kita 82 juta anak kalau mereka minum 500 cc kita butuh berarti sekitar 40 juta liter berarti kita minimal perlu sapi perah ya minimal mungkin 2,5 juta," ucapnya.

Lebih lanjut, Prabowo menuturkan bahwa Indonesia bisa memenuhi produksi kebutuhan susu jika ada kemauan.

Dirinya mengatakan bisa saja Indonesia mengimpor sapi penghasil susu ke depannya.

Baca juga: Jawab Tudingan Sekjen PDIP soal Politik Uang, TKN Prabowo-Gibran: Bernada Provokatif dan Fitnah

"Jadi sekarang saya katakan kita punya niat nggak kita punya kehendak politik atau tidak, kalau kita punya kehendak politik, ya sudah untuk 1, 2, 3, 4 tahun kita beli sapinya kita kembangkan di Indonesia," jelasnya.

Lebih lanjut, Prabowo juga mengatakan program susu gratis untuk memperbaiki gizi sudah dilakukan uji coba di sebuah sekolah.
Menurutnya, adanya peningkatan nilai bagi anak-anak yang diberikan makanan bergizi.

"Kita ada eksperimen yang sudah kita lakukan di sebuah sekolah waktu itu dikasih satu minggu lima hari dikasih tiga telor rutin tiap dua hari satu telor, setelah 6 bulan semua nilai akademisnya naik. Jadi ini terbukti anak-anak kita harus kita intervensi sekarang. Kita tidak bisa bicara teori-teori ya kan. Kita tidak bisa bicara terlalu banyak teori. Anak-anak kita terutama anak-anak orang yang ekonomi lemah kita harus berpihak sekarang, we can not wait," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas