Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dr Abdul Aziz Hakim Melejit di Bursa Pilkada Halmahera Utara, Ini Kata Akademisi

Rahmatullah menjelaskan, Abdul Aziz Hakim selama ini telah banyak berkontribusi dalam berbagai isu hukum baik daerah maupun nasional

Penulis: Erik S
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Dr Abdul Aziz Hakim Melejit di Bursa Pilkada Halmahera Utara, Ini Kata Akademisi
istimewa
Pakar Hukum Tata Negara Maluku Utara, Dr Abdul Aziz Hakim 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Erik Sinaga 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Sejumlah tokoh mulai bermunculan jelang momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 Halmahera Utara

Salah satunya seorang Pakar Hukum Tata Negara Maluku Utara, Dr Abdul Aziz Hakim.

Dalam sebuah rilis survei dari lembaga Arus Survei Indonesia (ASI), nama Abdul Aziz Hakim unggul di berbagai simulasi sebagai Calon Wakil Bupati Hamahera Utara.

"Munculnya nama Doktor Abdul Aziz Hakim yang unggul dalam simulasi Survei Pilkada Halmahera Utara cukup mengejutkan publik. Bung Aziz yang selama ini kami kenal sebagai akademisi dan pakar Hukum Tata Negara menurut saya memiliki rekam jejak yang sangat baik. Saya kira Aziz bisa jadi Kuda Hitam dalam Pilkada Halut mendatang,” papar Ketua Prodi Hukum Tata Negara (Siyasah Syar'iyyah) Fakultas Syariah IAIN Ternate, Rahmatullah H Sahil pada Media, Selasa (2/7/2024).

Lebih lanjut Rahmatullah menjelaskan, Abdul Aziz Hakim selama ini telah banyak berkontribusi dalam berbagai isu hukum baik daerah maupun nasional.

Kiprahnya sejak menjadi Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammdiyah Maluku Utara telah banyak melakukan pendampingan dan advokasi pada masyarakat.

BERITA TERKAIT

“Doktor Aziz adalah putera daerah terbaik dan memiliki akar kuat di Halmahera Utara. Keterlibatannya dalam berbagai kegiatan sosial dan pendidikan menjadikannya dikenal oleh semua kalangan. Kepopulerannya sebagai narasumber di televisi lokal dan nasional juga memperkuat citranya sebagai sosok yang peduli pada masalah lokal dan nasional,” tambah Rahmatullah.

Baca juga: Ini Kabar Terkini Terkait Aksi Bupati Halmahera Utara Bubarkan Demo Mahasiswa Pakai Parang

Berdasarkan hasil survei yg diterima media ini, dalam simulasi berpasangan dengan beberapa nama kandidat, Dr. Abdul Aziz Hakim menunjukkan performa yang mengesankan. Dukungan masyarakat dan hasil survei menempatkannya di posisi unggul. Kiprah dan gagasannya untuk kemajuan Halut menjadi daya tarik bagi pemilih.

“Dengan segala potensinya, Dr. Abdul Aziz Hakim saya rasa siap memimpin Halmahera Utara menuju masa depan yang lebih baik. Pilkada Halut 2024 akan menjadi panggung untuk membuktikan kualitasnya sebagai pemimpin yang mampu mengemban amanah rakyat," ujar Rahmatullah yang juga alumni Program Doktor Fakultas Hukum Universitas Makassar ini.

Raatullah berharap, sosok Abdul Aziz Hakim bisa menjadi angin segar bagi Halmahera Utara dalam tata kelola pemerintahan yang bersih dan bertanggung jawab.

"Saya mengenal Bung Aziz sebagai sosok yang ahli dalam bidang hukum tata negara dan administrasi negara. Dengan begitu harapan masyarakat agar tata kelola pemerintahan Halmahera Utara akan lebih baik,” papar Rahmatullah.

Dalam rilis Arus Survey Indonesia, peta kekuatan kandidat Pilkada Halmahera Utara tergambar jelas. Gambaran tingginya angka simulasi elektabilitas pasangan dr.Herianto/Cun-Abdul Aziz sebanyak 19,5 persen dibanding pasangan dr.Cun-Sofyan Yasin 8,8 persen atau dr.Cun-Irham Hakim 0,3 persen. Atau ketika disimulasikan berpasangan dengan Julius Lobiua mendapat pemilih paling tinggi jika berpasangan dengan Abdul Aziz yaitu 11,0% jika dibandingkan berpasangan dengan Irham Hakim 5,3% atau Sofyan Saleh yang hanya 4,8%. 

Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan jumlah sample sebanyak 400 responden yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Lalu, pengumpulan data dilakukan dengan metode face to face interview menggunakan kuisioner yang dilakukan oleh surveyor terlatih pada 5-12 Juni 2024 dikecamatan yang ada di Halmahera Utara

"Kalu dilihat dari survey yg dirilis oleh lembaga tersebut, menurut saya Bung Aziz layak bertarung di Pilkada Halut, karna ini adalah survei dengan metode ilmiah jadi dapat dipertanggungjawabkan," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas