Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bawaslu Temukan Kendala Saat Coklit, Berpotensi Data Ganda

Bawaslu menyebut terdapat kendala saat proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Bawaslu Temukan Kendala Saat Coklit, Berpotensi Data Ganda
Tribun Jakarta
Ilustrasi - Bawaslu menyebut terdapat kendala saat proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berdasarkan hasil catatan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), terdapat kendala saat proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih.

"Berdasarkan hasil pengawasan, terdapat kendala input data pemilih ke dalam E-Coklit di beberapa daerah," kta Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty dalam keterangannya, Jumat (26/7/2024).




Kendala disebabkan oleh dua faktor, yakni galat dalam penggunaan aplikasi E-Coklit oleh pantarlih dan kendala jaringan internet di beberapa daerah, sehingga coklit dilakukan secara manual.

Hasilnya, terjadi Ketidak Serentakan dalam prosedur coklit dan berimbas pada penggunaan coklit manual yang berpotensi terjadinya data ganda dan data tidak akurat dalam proses pemutakhiran data pemilih.

"Potensi kerawanan ini menjadi perhatian KPU Bawaslu sesuai tingkatan untuk memastikan datanya akurat," kata Lolly.

Saat ini, Bawaslu sedang melakukan pencermatan hasil pengawasan coklit, khususnya akurasi data pemilih.

BERITA TERKAIT

Pencermatan di antaranya dilakukan terhadap pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) namun terdaftar dalam daftar pemilih, pemilih yang telah memenuhi syarat (MS) namun tidak terdaftar dalam daftar pemilih, pemilih disabilitas yang tidak dicantumkan ragam disabilitasnya, dan pemilih yang elemen data pemilihnya bermasalah atau tidak lengkap.

"Terhadap adanya data yang teridentifikasi tidak akurat, selanjutnya dilakukan saran perbaikan dan koordinasi dengan stakeholder terkait," pungkas Lolly.

Baca juga: DEEP Indonesia Dukung Pemberi dan Penerima Politik Uang di Pilkada Sama-sama Dipidana

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas