Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anwar Hafid Bicara Pentingnya Peran Ulama untuk Keharmonisan Sulteng

Dia menilai Peran guru atau ulama memiliki nilai penting untuk menjaga harmonisasi dan hubungan sosial

Penulis: Reza Deni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Anwar Hafid Bicara Pentingnya Peran Ulama untuk Keharmonisan Sulteng
ist
Cagub Sulteng Anwar Hafid (paling kiri) bicara soal pentingnya peran ulama di Sulawesi Tengah. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bakal Calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Anwar Hafid menilai sebagai seorang pemimpin, harus mampu menghadirkan keseimbangan antara urusan dunia dan akhirat.

Mantan Bupati Morowali dua periode itu mengaku sangat dekat dengan ulama, salah satunya dari keluarga pendiri Alkhairaat, Habib Idrus bin Salim Aljufri cicit Habib Idrus atau yang di kenal Guru Tua yakni, Habib Abdullah Reza bin Hasan Aljufri.

Baca juga: Senyum Semringah Anies saat Datangi DPD PDIP Jakarta, Bahas Wong Cilik, Dapat Tiket Pilkada?

Dia menilai Peran guru atau ulama memiliki nilai penting untuk menjaga harmonisasi dan hubungan sosial. Pondasi ini ditanamkan oleh Anwar baik dalam kehidupan pribadi dan orang sekitar agar tercipta kebermanfaatan untuk sekitar.

“Para ulama memiliki peran penting dalam menjaga keharmonisan dan kesejahteraan sosial di Sulawesi Tengah. Kehadiran mereka tidak hanya sebagai penjaga nilai-nilai keagamaan, tetapi juga mendidik anak-anak dan masyarakat ke arah lebih baik," ujar Anwar dalam keterangannya, Sabtu (24/8/2024).

Baca juga: Anies Baswedan Respons Permintaan Megawati Agar Menurut Jika Ingin Diusung PDIP

Anwar meyakini bahwa pembangunan fisik dan ekonomi harus diimbangi dengan pembangunan mental dan spiritual. 

Bahkan, pasangan Anwar Hafid- Reny Lamadjido memiliki program Berani Berkah, Sulteng mengaji dan Sulteng berjamaah yang diharapkan bisa membawa keberkahan bagi daerah.

BERITA TERKAIT

“Dalam visi saya, Sulawesi Tengah yang maju adalah Sulteng yang masyarakatnya tidak hanya sejahtera secara materi, tetapi juga memiliki kekuatan spiritual yang kokoh,” tambahnya.

Memiliki sifat yang santun dan religius, Habib Abdullah Reza bin Hasan Aljufri menilai Anwar sebagai pemimpin yang kompeten di berbagai bidang.

“Apalagi tertanam dalam dirinya yang religius, yang tentunya tidak diragukan lagi dalam memberikan pemahaman agama sehingga kadang tampil dalam khutbah Jum’at, memberikan pesan pesan keumatan pada jamaah dan memimpin sholat,” katanya.

Karena itu, menjelang Pemilihan Kepala Daerah di Sulawesi Tengah, Anwar melihat nasihat dan bimbingan para ulama sangat berharga dalam menjaga stabilitas sosial.

Baca juga: Anies soal Aksi Kawal Putusan MK: Mahasiswa Bergerak Dikomando oleh Hati

Dia pun mengajak seluruh masyarakat, khususnya umat Islam di Sulteng, untuk menjaga persatuan dan kebersamaan di bawah bimbingan para ulama. 

“Dengan kebersamaan, kita bisa menghadapi segala tantangan dan mewujudkan Sulawesi Tengah yang lebih baik untuk semua,”pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas