Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pulau Labengki, Raja Ampat Mini di Konawe Utara Sultra

Pulau Labengki di Kabupaten Konawe Utara memiliki gugusan pulau yang berada di tengah laut dan karang-karang besar yang menjulang.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Pulau Labengki, Raja Ampat Mini di Konawe Utara Sultra
TRIBUN SULTRA
Satu di antara spot foto yang menunjukkan keindahan Pulau Labengki di Konawe Utara dari ketinggian. 

TRIBUNNEWS.COM, KENDARI – Kawasan geowisata bahari Pulau Labengki punya julukan miniatur Raja Ampat di Sulawesi Tenggara.

Destinasi wisata tersebut berlokasi di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Julukan miniatur Raja Ampat diberikan karena Pulau Labengki memiliki gugusan pulau yang berada di tengah laut dan terdiri dari karang-karang besar yang menjulang di atas pulau.

Untuk sampai di Pulau Labengki, wisatawan membutuhkan perjalanan laut kurang lebih 3 hingga 4 jam dari Kota Kendari, Provinsi Sultra.

Pulau Labengki dikenal dengan keindahan alam pegunungan yang masih asri dan alam bawah lautnya yang masih terjaga, membuat wisatawan lokal maupun mancanegara banyak berkunjung ke sana.

Salah satu spot favorit di Pulau Labengki yakni melihat pemandangan dari ketinggian untuk melihat pulau-pulau kecil yang berjajar mirip dengan Raja Ampat hingga berswafoto.

Pulau-pulau kecil tersebut dapat dilihat dengan melakukan tracking dari Nirwana Resort ke puncak gunung.

BERITA TERKAIT

Dari puncak tersebut, wisatawan juga dapat melihat Teluk Cinta, yakni gugusan karang yang membentuk lekukan mirip hati.

Gugusan Karang di Pulau Labengki Konawe Utara
Gugusan karang terlihat di Pulau Labengki Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara. Kawasan bahari ini seolah jadi miniatur Raja Ampat di Sultra.

Selain bisa menikmati replika Raja Ampat, wisatawan juga bisa melihat keindahan Blue Lagoon atau Laguna Biru, yang merupakan pertemuan air laut dan air tawar berwarna biru di balik batu karang.

Tak jauh dari Blue Lagoon, wisatawan juga dapat melihat keindahan Twin Lagoon, yang merupakan Laguna Kembar dibelah batu karang.

Pulau Labengki tak hanya menawarkan keindahan di atas permukaan laut, tetapi juga pemandangan di bawah laut.

Wisatawan dapat melakukan snorkeling, diving atau menyelam di bawah permukaan laut, melihat keindahan terumbu karang dan biota laut.

Selain itu, wisatawan dapat melihat salah satu spesies kima atau kerang raksasa terbesar kedua di dunia, besarnya bisa mencapai 50 sentimeter.

Sehingga Pulau Labengki juga disebut Giant Clam Marine Park Reservation. Keindahan pantai pasir panjang di Pulau Labengki juga tidak kalah menarik.

Pantai tersebut terbentang panjang dengan kejernihan air laut serta warna pasirnya yang putih bersih membuat wisatawan betah berlama-lama di Pulang Labengki.(Tribunnews.com/TribunSultra/Dewi Lestari)

ARTIKEL INI JUGA TAYANG DI ; 

Baca Selanjutnya: Potret indahnya pulau labengki konawe utara sulawesi tenggara dijuluki miniatur raja ampat

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas