Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Komunitas B2W: Jalur Sepeda Jaksel Cuma Buang Uang

Jalur khusus sepeda yang dibangun Pemprov DKI di kawasan Jakarta Selatan seperti di Jalan Barito (Taman Ayodya)

Komunitas B2W: Jalur Sepeda Jaksel Cuma Buang Uang
Tribunnews.com/Iwan Taunuzi
Peresmian jalur sepeda di Taman Ayodia, Blok M, Jakarta, Minggu (22/5/2011). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jalur khusus sepeda yang dibangun Pemprov DKI di kawasan Jakarta Selatan seperti di Jalan Barito (Taman Ayodya) hingga Jalan Melawai, dinilai tidak efektif dan hanya membuang uang saja.

Hal ini dikatakan Ketua Komunitas Pesepeda Bike To Work (B2W), Toto Sugiharto, saat diminta tanggapannya mengenai rencana Pemprov DKI yang akan membangun jalur sepeda di empat wilayah Jakarta lainnya. Toto menilai jalur sepeda di Jakarta Selatan tidak efektif penggunaannya dan tidak terpakai sama sekali.

"Pembangunan jalur sepeda di Jakarta Selatan itu hanya buang uang dan energi saja. Kami harapkan jalur sepeda yang akan dibangun di Jakarta Utara tak bernasib buruk seperti di Jakarta Selatan," ujar Toto, Rabu (15/2/2012).

Dari pantauan Tribunnews.com, pada hari kerja, jalur sepeda di Jakarta Selatan ini memang sama sekali tak berfungsi. Pengendara sepeda motor maupun mobil dengan leluasanya melewati jalur yang dicat berwarna hijau ini. Aparat yang sedianya mengatur agar jangan ada kendaraan bermotor yang lewat di jalur sepeda, juga tak tampak batang hidungnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI mengklaim telah memiliki master plan jalur khusus sepeda di lima wilayah Jakarta. Masterplan tersebut telah dibuat sejak tahun 2009 oleh Dishub DKI bekerja sama dengan komunitas sepeda B2W. "Kami inginkan jalur sepeda yang akan dibangun tersebut mengikuti masterplan jalur sepeda yang sudah ada sejak empat tahun lalu," imbuhnya.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Gusti Sawabi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas